INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT ISLAM DAN KRISTEN DI DESA RIMBA MELINTANG KECAMATAN RIMBA MELINTANG KABUPATEN ROKAN HILIR

Agus Setiawan, (2011) INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT ISLAM DAN KRISTEN DI DESA RIMBA MELINTANG KECAMATAN RIMBA MELINTANG KABUPATEN ROKAN HILIR. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201108.pdf

Download (414kB) | Preview

Abstract

Secara sosiologis, manusia membutuhkan interaksi sosial. Untuk menjalin hubungan yang baik antar manusia, agama merupakan unsur yang paling penting di dalamnya. Salah satu fungsi agama adalah memupuk rasa persaudaraan.dalam agama Islam mengadakan interaksi dalam mewujudkan kerukunan umat beragama sangat dianjurkan bagi penganutnya selama tidak menyangkut masalah teologi dan akidah. Interksi sosial merupakan hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok dan salaing mempengaruhi sehingga terjadinya proses social. Interaksi sosial ini dijadikan sebagai syarat utama terjadinya aktifitas sosial dan hadirya kenyataan social. Fenomena dimana masyarakat bebeda agama saling berinteraksi dengan baik bukanlah suatu yang mustahil terjadi. Hal ini dapat dilihat di Desa Rimba Melintang, dimana interaksi sosial antar pemeluk agama Islam dan Kristen berjalan dengan baik. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berlokasi di Desa Rimba Melintang, Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir. Subjek dari penelitian ini adalah masyarakat yang ada di Desa Rimba Melintang, sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah interaksi masyarakat Islam dan Kristen yang ada di desa tersebut. Dalam pengumpulan data penulis melakukan obsevasi, interview dan angket dan data dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Sebagai kesimpulan dari tulisan ini bahwa hubungan interaksi masyarakat Islam dan Kristen yang ada di Desa Rimba Melintang dapat dikatakan “Baik”. Dimana masyarakat Islam dan Kristen yang ada di Desa Rimba Melintang mempunyai jiwa sosial dan toleransi yang tinggi sehingga hubungan itu terjalin dengan baik dan tidak ada konflik antar agama. Walaupun demikian masih ada yang harus diperbaiki agar hubungan masyarakat antar agama terjalin lebih baik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.28 Hubungan Islam dan Agama Lainnya
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Perbandingan Agama
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 29 Dec 2015 04:17
Last Modified: 29 Dec 2015 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/207

Actions (login required)

View Item View Item