Khadijah M (2018) Manajemen Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Tembilahan. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 2018236TMPI_cover.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
2. 2018236TMPI_pengesahan.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
3. 2018236TMPI_KATA PENGANTAR.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
4. 2018236TMPI_DAFTAR ISI.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
5. 2018236TMPI_ABSTRAK.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
6. 2018236TMPI_BAB 1.pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
Text
7. 2018236TMPI_BAB 2.pdf Download (708kB) | Preview |
|
|
Text
8. 2018236TMPI_BAB 3.pdf Download (364kB) | Preview |
|
Text
9. 2018236TMPI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (778kB) |
||
|
Text
10. 2018236TMPI_BAB 5.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
11. 2018236TMPI_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (332kB) | Preview |
Abstract
Salah satu sarana yang sangat menunjang terlaksananya proses pembelajaran yang ideal adalah keberadaan perpustakaan. Keberadaan perpustakaan mutlak diperlukan pada setiap jenjang pendidikan. Namun dalam pelaksanaannya, keberadaan perpustakaan di sekolah-sekolah belum mendapat perhatian sepenuhnya dan hanya sebagai pelengkap. Agar perpustakaan tidak hanya sebagai pelengkap saja, tetapi memiliki fungsi yang baik dan sesuai dengan sasaran yang diinginkan, maka perpustakaan harus di kelola dengan manajemen perpustakaan yang tepat. Dengan manajemen yang tepat diharapkan perpustakaan dapat meningkatkan minat baca bagi siswasiswi sekolahnya. Dalam penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang (1) manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca bagi siswa Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Tembilahan (2) faktor-faktor pendukung dan penghambat manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Tembilahan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data di peroleh melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Penelitian ini menemukan tentang (1) kondisi sebenarnya manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca (2) faktor pendukung dan penghambat. Hasil penelitian menunjukkan Manajemen perpustakaan di MA di Kecamatan Tembilahan dalam meningkatkan minat baca belum berjalan sebagaimana mestinya. Penyebab utamanya adalah kekurangan dana dan tidak adanya pengawasan. Adapun Faktor pendukungnya adalah ruang yang nyaman,buku tersusun sesuai katalog dan klasifikasinya, pelayanan yang ramah, efektif dan efisien, buku-buku pelajaran juga tersedia, dan faktor penghambatnya adalah Kurangnya anggaran untuk pengadaan buku referensi, Tidak ada kelas khusus untuk perpustakaan dan tidak adanya pengawasan dari Kepala Sekolah dan Intansi terkait. Upaya mengatasinya adalah penambahan biaya dan pengawasan dari atasan langsung dan instansi terkait.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 25 Sep 2019 03:26 |
Last Modified: | 25 Sep 2019 03:26 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20697 |
Actions (login required)
View Item |