Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Uslub Qashar dengan Thariqoh Innamaa dalam Al-Qur’an Al-Karim (Studi Analisis Balaghah dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Arab)

Hisrotul Jannah (2018) Uslub Qashar dengan Thariqoh Innamaa dalam Al-Qur’an Al-Karim (Studi Analisis Balaghah dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Arab). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. 2018224TPBA_COVER.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 2018224TPBA_Pengesahan.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 2018224TPBA_DAFTAR ISI.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 2018224TPBA_ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 2018224TPBA_BAB I.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 2018224TPBA_BAB II.pdf

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 2018224TPBA_BAB III.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text
9. 2018224TPBA_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. 2018224TPBA_BAB V.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 2018224TPBA_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (718kB) | Preview

Abstract

Uslub qashar adalah salah satu uslub bahasa Arab yang selalu digunakan baik dalam prosa maupun frasa, bahkan di setiap buku bahasa Arab manasajaselalu ditemukan satu atau beberapa uslub qashar dengan thariqoh yang berbeda-beda. Begitu pula dalam Al-Qur’an, uslub qashar ini banyak digunakan dalam ayat-ayatnya. Sebagai petunjuk otentik yang diberikan Sang Pencipta untuk kemashlahatan ciptaanNya (baca: manusia) yang diturunkan dengan berbahasa Arab dan memiliki uslub-uslub yang mengandung mukjizat dan susunan kata yang indah melebihi uslub-uslub Bahasa Arab yang ada dewasa ini, maka untuk memahami Al-Qur’an dibutuhkan penguasaan ilmu-ilmu bahasa Arab khususnya ilmu Balaghah yang membahas ilmu Ma’ani yang mana salah satu pembahasannya adalah Qashar. Olehsebabitu, penelititertarik mengangkat sebuah judul penelitian “UslubQashar dengan Thariqah Innamaadalam Al-Qur’an Al-Karim (Studi Analisis Balaghah dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Arab”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan uslub qashar dengan thariqoh Innamaa yang terdapat dalamAl-Qur’an yaitu mengenai jenis-jenis qashar, rukun, maksud dan tunjukannya dari aspek balaghah, serta menentukan penerapan pembelajaran yang tepat untuk mempelajari qashar tersebut. Adapun objek penelitian ini adalah uslub-uslub Qashar dengan thariqoh Innamaa dalam Al-Qur’an, khusus yang menggunakan jumlah ismiyyah yang berjumlah 62 ayat. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sumber data, terdiri dari sumber primer dan sumber skunder yang berhubungan dengan objek penelitian. Metode dalam mengumpulkan data menggunakan bahsunmaktabiyyun, dengan metode simak catat serta membaca buku-buku yang berkaitan dengan judul. Sedangkan metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis isi (Content Analisis) dengan menggunakan tabel. Setelah peneliti melaksanakan penelitian terhadap Al-Qur’an dan buku metodologi pengajaran bahasa Arab, maka diambil kesimpulan sebagai berikut: 1. Ayat-ayat yang mengandung uslub qashar dengan thariqah innamaa dalam bentuk jumlah ismiyyah berjumlah 62 ayat. Uslub qashar terbagi menjadi: - Berdasarkan thorfain : qashar shifah ‘ala maushuf terdapat di 10 ayat, dan qashar maushuf ‘ala shifah terdapat di 53 ayat. - Bardasarkan al-waaqi’: qashar hakiki terdapat di 18 ayat, dan qashar idhafi terdapat di 44 ayat. - Berdasarkan halil mukhatab:qashar ifrad terdapat di 19 ayat, qashar qalb terdapat di 20 ayat, dan qashar ta’yiin terdapat di 6 ayat. 2. Adapun qashar yaitu ifadah mukhatab an itsbaat takhsis (mengkhususkan). 3. Metode pengajaran uslub qashar dengan thariqah innamaa yang sesuai adalah metode Al-Isitqroiyyah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 25 Sep 2019 02:23
Last Modified: 25 Sep 2019 02:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20683

Actions (login required)

View Item View Item