NISE OKTABERTIAGUS, - (2019) STRATEGI HUMAS PEMERINTAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI DALAM MEMPROMOSIKAN PACU JALUR SEBAGAI ICON PARIWISTA DAERAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB V)
12. BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (554kB) |
||
|
Text
SKRIPSI LENGKAP NEW.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nama : Nise Oktabertiagus Jurusan : Ilmu Komunikasi (Public Relations) Judul : Strategi Humas Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi Dalam Mempromosikan Pacu Jalur Sebagai Icon Pariwisata Daerah Riau memiliki 12 Kabupaten dan Kota yang masing-masing memiliki icon pariwisata daerah yang menarik untuk di kunjungi. Salah satunya yaitu Kabupaten Kuantan Singingi yang memiliki kebudayaan yang menjadi keunggulan dan kebanggaan masyarakat Kuantan Singingi yaitu Pacu Jalur. Pacu Jalur merupakan festival yang bernuansa tradisional dan telah ditetapkan masuk ke dalam Kalender Pariwisata Nasional (Major Event) dan telah dinobatkan sebagai pariwisata terpopuler di Indonesia di ajang Anugrah Pesona Indonesia (API). Penelitian ini bertujuan mengetahui Strategi Humas Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi dalam Mempromosikan Pacu Jalur sebagai Icon Pariwisata Daerah. Dalam pemaparannya, kajian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data-data yang diperoleh memalui observasi dan wawancara. Rumusan masalah penelitian yaitu bagaimana Strategi Humas Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi dalam Mempromosikan Pacu Jalur Sebagai Icon Pariwisata Daerah. Subjek penelitian ini adalah Humas Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi. Dalam melakukan kegiatan promosi dan menjadikan pacu jalur sebagai icon pariwisata daerah, humas pemerintah kabupaten Kuantan Singingi mempunyai beberapa strategi yaitu menetapkan komunikator, menetapkan target sasaran, menyusun pesan, dan memilih media yang hendak digunakan. Adapun kesimpulan dari hasil penelitian yaitu Strategi Humas Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi dalam Mempromosikan Pacu Jalur Sebagai Icon Pariwisata Daerah yaitu dengan melakukan promosi pacu jalur melalui Kepala Dinas dalam berbagai acara formal, dan selain itu juga menggunakan media massa yaitu media cetak seperti surat kabar dan majalah, media elektronik seperti televisi dan radio, media non massa seperti brosur, spanduk atau baliho, dan juga media sosial seperti facebook, dan instagram, serta bekerjasama dengan lembaga pemerintahan maupun lembaga swasta. Kata kunci: Strategi, Promosi, Pacu Jalur
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 02:14 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 02:14 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20632 |
Actions (login required)
View Item |