METODE PENGINJILAN DALAM AGAMA KRISTEN KATOLIK

Mohd. Rasyidi Bin Zakaria, (2011) METODE PENGINJILAN DALAM AGAMA KRISTEN KATOLIK. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201107.pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang penulis angkat dengan judul “METODE PENGINJILAN DALAM AGAMA KRISTEN KATOLIK”, merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang dilatar belakangi oleh satu pemahaman bahwa penginjilan adalah tanggung jawab setiap orang yang telah menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya. Setiap mereka yang percaya tersebut wajib mengabarkan Injil sesuai kemampuan dan karunia-karunia yang dianugerahkan Roh Kudus kepadanya. Oleh karena itu, penginjilan membutuhkan metode yang tepat guna agar pelaksanaan penginjilan dapat dilaksanakan dengan sukses. Dari segi pengertian, penginjilan merupakan pengutusan Gereja oleh Yesus Kristus Juru Selamat Dunia, dalam rangka melaksanakan perintah-Nya demi kemuliaan Tuhan. Perintah itu adalah memanggil semua orang di dunia dan mengabarkan kepada mereka Injil Kerajaan Allah. Dengan kuasa Roh Kudus mereka diselamatkan dari dosa dan penghakiman, hingga menjadi keluarga kerajaan-Nya yang melakukan segala sesuatu yang diperintahkan-Nya. Penulis tertarik melakukan penelitian ini karena rasa ingin tahu tentang cara ataupun metode-metode yang digunakan oleh penginjil-penginjil dalam menyampaikan Injil kepada umat sekte Kristen lainnya sehingga mereka berpegang dan meyakini ajaran agama mereka. Penulis juga tertarik, karena begitu banyak pengikut agama lain dengan baik menukar agama asal mereka, lalu memeluk agama Kristen. Selain itu, penulis juga tertarik karena banyak umat agama lain memasukkan anak-anak mereka untuk belajar di sekolah-sekolah yang dibina oleh Kristen. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti suatu metode yang tepat guna untuk dapat dipedomani, baik mengenai urutan inti berita, bobot, dan kesesuaian berita, cara pendekatan dan penyampaian berita. Juga tentang pengaruh prilaku pemberita, pola penginjilan secara berkelompok atau secara pribadi. Disamping itu, penulis ingin mengetahui pengaruh kesinambungan pemberitaan itu sendiri, teristimewa tentang penghayatan dan penerapan berita itu dalam hidup harian masing-masing (sang pemberita dan penerima berita).

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.28 Hubungan Islam dan Agama Lainnya
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Perbandingan Agama
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 29 Dec 2015 04:17
Last Modified: 29 Dec 2015 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/206

Actions (login required)

View Item View Item