Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENYEBAB TIDAK TERCATAT PERKAWINAN MENURUT UNDANG-UNDANG NO. 1 TAHUN 1974 (Studi Kasus Desa Tanjung Baru Kecamatan Batang Lubu Sutam Kabupaten Padang Lawas)

Hendra Saputra Hasibuan (2017) PENYEBAB TIDAK TERCATAT PERKAWINAN MENURUT UNDANG-UNDANG NO. 1 TAHUN 1974 (Studi Kasus Desa Tanjung Baru Kecamatan Batang Lubu Sutam Kabupaten Padang Lawas). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Hendra Saputra Hasibuan (2017) : Penyebab Tidak Tercatat Perkawinan Menurut Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 Studi Kasusu Desa Tanjung Baru Kaecamatan Batang Lubu Sutam Kabupaten Padang Lawas Penelitian ini di latar ini dilatar belakangi oleh banyaknya peristiwa perkawinan yang tidak tercatat di Desa Tanjung Baru. Pokok permasalah dalam penelitian ini adalah apa penyebab tidak tercatat perkawinan di desa Tanjung Baru, apa faktor faktor yang mempengaruhi tidak tercatat perkawinan di Desa Tanjung Baru, bagaimana tinjauan undang-undang tentang pencatatan perkawinan di Desa Tanjung Baru Kecamatan Batang Lubu Sutam. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apa penyebab tidak tercatat perkawinan di Desa Tanjung Baru Kecamatan Batang Lubu Sutam, untuk menjelaskan apa faktor- factor yang mempengaruhi tidak tercatat perkawinandi Desa Tanjung Baru Kecamatan Batang Lubu Sutam, untuk menjelaskan bagaiman tinjauan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang pencatan perkawinan di Desa Tanjung Baru Kecamatan Batang Lubu Sutam. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode pengumpulan datanya di lakukan dengan observasi dan wawancara langsung kepada sampel penelitian sehingga data-data yang diperlukan dalam penelitian ini dapat di kumpulkan. Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan tokoh Masyarakat, PPN, KUA setempat dan beberapa pasangan suami istri yang melakukan nikah yang tidak sesuai dengan prosedur Undang-Undang yang berlaku, sedangkan sampelnya adalah 50 kasus dari 175 kepala keluarga. Angket yaitu penulis membuat daftar pertanyaan sekitar penelitian yang kemudian di sebarkann untuk diisi oleh responden Dan juga diperoleh dari buku buku tentang pencatatan perkawinan untuk melengkapi teoritis dalam skripsi ini. Adapun hasil penelitian ini yaitu pertama, Penyebab tidak tercatat perkawinan di Desa Tanjung Baru Kecamatan Batang Lubu Sutam tentang pencatatan sangatlah rendah, masyarakat merasa tidak penting melakuakn pencatatan perkawinan, sehingga mengakibatkan banyaknya masyarakat tidak mencatatkan perkawinan di KUA. Kedua Faktor yang mempengaruhi tidak tercata perkawinan di Desa Tanjung Baru Kecamatan Batang Lubu Sutam adalah di akibatkan rendahnya tingkat pendidikan masyarakat Desa Tanjung Baru yang masih didominasi lulusan SD, kondisi adat yang masih kental dan keadaan yang cenderung menengah kebawah, sehingga penyerapan informasi tentang peraturan i pencatatan perkawinan sulit dipahami oleh masyarakat, kentalnya adat menyulitkan pelaksanaan perkawinan dan ekonomi yang rendah menyebabkan tidak mampunya masyarakat dalam mengurus buku niakah terkait pendanaan. Ketiga, Peristiwa perkawinan yang terjadi di Desa Tanjung Baru Kecamatan Batang Lubu Sutam, bila di tinjau secara undang-undang dapat saya gambarkan, bahwa secara syarat perkawinan tetap memenuhi syarat sahnya perkawinan, namun peristiwa perkawinan yang terjadi tidak terlaksana secara perosedur perundang-undangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 21 Sep 2019 12:35
Last Modified: 21 Sep 2019 12:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20560

Actions (login required)

View Item View Item