PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Kasus Masyarakat di Desa Sungai Tonang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar)

NUR FITRIANIS (2017) PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Kasus Masyarakat di Desa Sungai Tonang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (755kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Nur Fitrianis (2017): Pengaruh Media Sosial Terhadap Keharmonisan Kelurga (Studi Kasus di Masyarakat Desa Sungai Tonang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar). Penelitian ini dilatarbelakangi, dimana media sosial memberi pengaruh negatif terhadap keharmonisan keluarga. Ada pasangan suami isteri yang rumah tangganya kurang harmonis setelah mereka berkecimpung di media sosial. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah, (1) apa pengaruh media sosial terhadap keharmonisan keluarga di Desa Sungai Tonang? (2) bagaimana tinjauan hukum islam mengenai pengaruh media sosial terhadap keharmonisan keluarga? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di Desa Sungai Tonang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Adapun Populasi dalam penelitian ini berjumlah 83 orang, dan sampel berjumlah 22. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan wawancara. Sumber datanya adalah data primer yaitu data yang diambil langsung dari responden, dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari literatur-literatur yang ada kaitannya dengan penelitian ini, dalam menganalisis data penulis menggunakan teknik deskriftif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap keharmonisan keluarga pada masyarakat di Desa Sungai Tonang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar, dan untuk mengetahui tinjauan hukum islam mengenai pengaruh media sosial terhadap keharmonisan keluarga. Hasil penelitian ini adalah, bahwa tidak semua kemajuan teknologi memberi kemudahan, baik dalam hal pekerjaan atau kemudahan dalam berkomunikasi. Media sosial telah memberikan pengaruh positif dan negatif terhadap keharmonisan keluarga (rumah tangga). Kecanduan pada media sosial ini menyebabkan banyak orang ber interaksi dan melakukan komunikasi hanya pada orang-orang yang berada di jaringan sosial media mereka. Pengaruh lain dari kemajuan media sosial ini yaitu membuat penggunanya menjadi tidak berkomunikasi dengan orang-orang yang berada disekitarnya, bahkan ketika berkumpul bersama anggota keluarga pengguna media sosial ini tetap asik dengan smartphone nya. Media sosial juga memberikan pengaruh negatif terhadap pasangan suami isteri, banyak di temukan saat sekarang ini laki-laki dan perempuan yang sudah mempunyai pasangan berselingkuh di media sosial dengan teman chattingnya, dengan kata lain Media sosial ini juga bisa menjadi sarana perselingkuhan. Hal ini tentu saja memberikan pengaruh yang tidak baik bagi keharmonisan keluarga. Seharusnya pasangan suami isteri atau para pengguna media sosial membuat batasan-batasan tertentu dan tau kapan saatnya bermain media sosial dan kapan saatnya mengutamakan keluarga atau pasangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.56 Etika Moral Islam dalam Hal Tertentu
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 20 Sep 2019 17:03
Last Modified: 20 Sep 2019 17:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20536

Actions (login required)

View Item View Item