FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PERCERAIAN PADA GENERASI TUA DI PENGADILAN AGAMA PARIAMAN (STUDI KASUS 2016-2017)

VINI NUR ZIKRA, (2017) FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PERCERAIAN PADA GENERASI TUA DI PENGADILAN AGAMA PARIAMAN (STUDI KASUS 2016-2017). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (639kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Vini Nur Zikra (2017) : FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PERCERAIAN PADA GENERASI TUA DI PENGADILAN AGAMA PARIAMAN (STUDI KASUS 2016-2017) Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab rumusan masalah berikut; Apa saja faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadi perceraian pada generasi tua di Pengadilan Agama Pariaman, Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap faktor-faktor penyebab perceraian pada generasi tua di Pengadilan Agama Pariaman. Data penelitian ini dikumpul dan dihimpun dengan mempelajari dokumen-dokumen perkara perceraian dan menelaah berbagai literatur yang berkaitan dengan penelitian dan wawancara. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif , dimana penulis membuat gambaran atau deskripsi tentang suatu keadaan kemudian disusun, dijelaskan dan dianalisa dengan perspektif hukum Islam dan juga menggunakan analisis konten (content analysis). Lalu metode penulisan penelitian ini menggunakan teknik deduktif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab terjadinya perceraian pada generasi tua di Pengadilan Agama Pariaman tahun 2016-2017 berjumlah 41 perkara yang disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu : 1. Faktor ibadah dikarenakan suami jarang menunaikan sholat; 2. Faktor tidak menjalankan kewajibannya dalam keluarga yang terdiri dari istri yang suka melalaikan tanggung jawabnya kepada keluarga, suami meninggalkan pasangannya, suami kurang bertanggung jawab terhadap rumah tangga, suami/istri yang kurang menghargai pasangan; 3. Faktor moral pasangan yang meliputi suka berkata kasar kepada pasangan, berselingkuh, tidak jujur terhadap pasangan, cemburu terhadap pasangan, suka berjudi; 4. Faktor kekerasan dalam rumah tangga dalam bentuk fisik, ekonomi; 5. Faktor tidak ada keharmonisan dalam rumah tangga dikarenakan kurang terjalin komunikasi yang lancar/ terbuka, intervensi salah satu keluarga pasangan terhadap rumah tangga, tidak ada keturunan, poligami tidak sehat. Analisis hukum Islam terhadap faktor perceraian pada generasi tua adalah penyebabnya tidak hanya dikarenakan alasan-alasan perceraian dalam pasal 116 Kompilasi dan teori psikologi perkembangan pasangan juga dikarenakan tidak maksimalnya perkembangan kondisi spritual pasangan suami istri dengan perkembangan fisik dan kognitifnya, sehingga akal dan emosi tidak stabil. Untuk menstabilkan perkembangan spiritual, dibutuhkan faktor keagamaan seseorang. Rasulullah menekankan untuk memilih pasangan hidup dengan pilihan agama, karena agama menjadi tolak ukur kondisi psikologis, kognitif dan spiritual seseorang yang menjadi penentu terbentuknya rumah tangga yang sakinah, mawaddah dan rahmah. Semakin bagus agama seseorang, maka akan didapati indikator kebahagiaan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 20 Sep 2019 16:50
Last Modified: 20 Sep 2019 16:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20534

Actions (login required)

View Item View Item