FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BERKURANGNYA MINAT KONSUMEN UNTUK BERBELANJA DI PASAR IKAN DUPA PEKANBARU DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

WANRIZAL, (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BERKURANGNYA MINAT KONSUMEN UNTUK BERBELANJA DI PASAR IKAN DUPA PEKANBARU DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (840kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

Wanrizal (2017): Faktor-faktor yang Mempengaruhi Berkurangnya Minat Konsumen untuk Berbelanja Di Pasar Ikan Dupa Pekanbaru Ditinjau Menurut perspektif Ekonomi Islam Salah satu pasar tradisional yang mempunyai banyak konsumen adalah Pasar Dupa di Pekanbaru. Akan tetapi munculnya pasar-pasar modern serta menjamurnya pasar tradisional lainnya dapat berakibat pelanggan pada Pasar Ikan Dupa Pekanbaru, sebagian kecil berpindah berbelanja. Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen pada Pasar Tradisional Dupa Pekanbaru, seperti harga, pelayanan, kualitas, lingkungan fisik, lokasi, sarana, dan keragaman barang. Adapun rumusan masalah adalah Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen berbelanja di Pasar Ikan Dupa Pekanbaru?, dan bagaimana tinjaun ekonomi Islam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen berbelanja di Pasar Ikan Dupa Pekanbaru?. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen untuk berbelanja di pasar ikan Dupa Pekanbaru serta untuk mengetahui bagaimana tinjauan ekonomi Islam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen berbelanja di pasar ikan Dupa Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di Pasar Dupa Pekanbaru, Kecamatan Tangkerang Tengah, Pekanbaru, Riau. Teknik dan pengumpulan data dalam penulisan ini yaitu observasi, wawancara, angket, studi pustaka dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang penulis pakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan metode penulisan yang digunakan dalam penelitian ini ada 3 metode yaitu metode deduktif, metode induktif, dan metode deskriptif. Dari hasil penelitian penulis dapat disimpulkan bahwa faktor kebersihan Pasar Ikan Dupa Pekanbaru menjadi penyebab berkurangnya minat konsumen untuk berbelanja di Pasar Ikan Dupa Pekanbaru karena kondisi pasar ikan Dupa Pekanbaru yang kurang memuaskan berdampak pada pengunjung yang merasa kurang nyaman untuk berbelanja. Ditinjau menurut pandangan ekonomi Islam, faktor-faktor yang mempengaruhi berkurangnya minat konsumen untuk berbelanja di pasar ikan Dupa Pekanbaru telah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam, baik dari barang, harga, kualitas, tempat dan utility, semuanya telah mengacu pada prinsip-prinsip atau aturan-aturan yang telah ditetapkan, serta tujuan konsumsi secara Islam kejujuran atau keadilan untuk kemaslahatan ummat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 20 Sep 2019 15:54
Last Modified: 20 Sep 2019 15:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20524

Actions (login required)

View Item View Item