Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir

Ahmad Affandi (2018) Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. 2018220TMPI_COVER.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Other
2. 2018220TMPI_LEMBAR PENGESAHAN.PDF

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 2018220TMPI_KATA PENGANTAR.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 2018220TMPI_DAFTAR ISI.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 2018220TMPI_ABSTRAK.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 2018220TMPI_BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 2018220TMPI_BAB II.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 2018220TMPI_BAB III.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text
9. 2018220TMPI_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB)
[img]
Preview
Text
10. 2018220TMPI_BAB V.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 2018220TMPI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (286kB) | Preview

Abstract

Pendidikan berperan penting dalam membentuk kehidupan, selain itu mampu memainkan peranan yang signifikan dalam membentuk politik dan kultural. Pemimpin pendidikan dalam hal ini adalah kepala sekolah sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di lembaga pendidikan, harus memiliki kesiapan dan kemampuan untuk membangkitkan semangat kerja personal juga harus mampu menciptakan iklim dan suasana yang kondusif, aman, nyaman, tentram, menyenangkan, dan penuh semangat dalam bekerja bagi para pekerja dan para pelajar. Sehingga pelaksanaan pendidikan dan pengajaran dapat berjalan tertib dan lancar dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir” Rumusan Masalah yang diajukan adalah: 1 )Bagaimanakah Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir? 2)Faktor-faktor apa sajakah yang menunjang dan menghambat Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir? Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, informan penelitian ini adalah 3 orang kepala sekolah dan 6 orang guru. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kualitatif, yaitu analisis dan interpretasi dilakukan secara kritis Hasil penelitian yang diidentifikasikan adalah; Pertama, Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Idragiri Hilir, yaitu (1 )Menyusun perencanaan kurikulum yang akan diajarkan oleh guru, (2)Menata pengalaman belajar siswa, (3) Mengatur ketrampilan siswa dengan baik dalam bidang study keagamaan, (4) Menggalakan pustaka madrasah untuk siswa, (5 ) Memperkuat minat baca siswa, (6)Memperkuat prestsi siswa disegala bidang, (7) Menugaskan guru sesuai dengan keahliannya, (8 ) Memperhatikan perkembangan siswa yang diajarkan oleh guru tersebut, (9) Suvervisi guru yang mengajar tersebut satu kali dalam satu minggu, (10)Meningkatkan komitmen kerja bersama guru dalam belajar, (11) Memperdayakan semua elemen madrasah untuk meningkat prestasi belajar, (12) Menyediakan sarana pra sarana untuk menunjang pendidikan, (13) Melakukan rapat evaluasi satu kali dalam satu bulan, (14) Mengambil keputusan berdasarkan kesepakatan bersama majlis guru, dan (15) Menjalin komunikasi dengan semua komponen untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Kedua, faktor yang menunjangnya adalah 1)Komunikasi, 2) Kebebasan, 3 ) Pengalaman kerja, sedangkan menjadi penghambat dalam peran boleh dikatakan tidak ada, karena semua faktor tersebut mampu disikapi oleh para Kepala Sekolah SDIT di Tembilahan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 20 Sep 2019 09:22
Last Modified: 20 Sep 2019 09:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20522

Actions (login required)

View Item View Item