HUBUNGAN PERAN IBU RUMAH TANGGA TERHADAP EKONOMI KELUARGA DI DESA RANTAU SIALANG KECAMATAN KUANTAN MUDIK KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

NURDATUL AINI, (2017) HUBUNGAN PERAN IBU RUMAH TANGGA TERHADAP EKONOMI KELUARGA DI DESA RANTAU SIALANG KECAMATAN KUANTAN MUDIK KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB IV.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (983kB)
[img]
Preview
Text
11. BAB VI.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tuntunan kehidupan saat ini semakin bertambah terutama dibidang ekonomi. Semua ini mengakibatkan peran ibu rumah tangga tidak lagi sebagai ibu rumah tangga saja, sebelumnya ibu dikenal dengan mengurus suami, mendidik dan membimbing anak-anak serta melakukan pekerjaan rumah. Namun dapat dijumpai bahwa ibu rumah tangga sudah banyak bekerja diluar rumah menyelamatkan ekonomi keluarga. Karena kebutuhan ekonomi keluarga semakin bertambah dalam kehidupan sehari-hari, serta ibu rumah tangga ikut beperan dalam mencari nafkah untuk mengwujudkan kesejahteraan dalam keluarga. Dalam penelitian ini membahas tentang apakah ada hubungan peran ibu rumah tangga terhadap ekonomi keluarga di Desa Rantau Sialang Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi.Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui apakah ada peran ibu rumah tangga terhadap ekonomi keluarga di Desa Rantau Sialang Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi. Populasi dalam penelitian ini adalah kaum ibu rumah tangga yang bekerja sebagai petani padi yang berjumlah 132 orang. Sedangkan untuk pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan metode Random Sampling (sampel acak), yang di ambil 25% dari 132 orang adalah 32 orang sampel.teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi ,angket dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan teknik analisis data coefficient product moment, sedangkan untuk pengolaan data digunakan SPSS persi 17.0 dengan persamaan regresi liner dan korelasi. dari hasil nilai korelasi determinan (R ) adalah sebesar 0.639 atau (63,9%) yang berarti ada hubungan yang kuat antara variable berada pada interval 0,60-0,799 .Dengan hipotesa Ha diterima Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan peran ibu rumah tangga terhadap ekonomi keluarga di Desa Rantau Sialang Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi. Apabila ibu rumah tangga beperan diluar rumah, maka akan terpenuhi atau tuntunan kebutuhan ekonomi keluarga. Kata Kunci : Peran, Ibu Rumah Tangga dan Ekonomi Keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms. Eva Susilawati
Date Deposited: 20 Sep 2019 08:29
Last Modified: 20 Sep 2019 08:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20501

Actions (login required)

View Item View Item