Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Konsep Pendidikan Budi Pekerti Prespektif Ki Hadjar Dewantara

Dendy Muhammad (2018) Konsep Pendidikan Budi Pekerti Prespektif Ki Hadjar Dewantara. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. 2018203TPAI_COVER.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 2018203TPAI_PERSETUJUAN.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 2018203TPAI_KATA PENGANTAR.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 2018203TPAI_DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 2018203TPAI_ABSTRAK.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 2018203TPAI_BAB I.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 2018203TPAI_BAB II.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 2018203TPAI_BAB III.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text
9. 2018203TPAI_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img]
Preview
Text
10. 2018203TPAI_BAB V.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 2018203TPAI_TESIS DAPTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Pendidikan budi pekerti atau akhlak adalah usaha bimbingan jasmani dan rohani pada tingkat kehidupan individu dan sosial untuk mengembangkan fitrah manusia berdasarkan hukum-hukum Islam menuju terbentuknya manusia ideal (insan kamil) yang berkepribadian muslim dan berakhlak terpuji serta taat pada Islam sehingga dapat mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Konsep Pendidikan Budi Pekerti Ki Hadjar Dewantara, Apa kontribusi pemikiran Ki Hadjar Dewantara terhadap kurikulum pendidikan di Indonesia. Bagaimana Konsep Pendidikan Budi Pekerti Ki Hadjar Dewantara dalam Prespektif Pendidikan Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitiannya yaitu Library Research. Sumber data penelitian ini diambil dari sumber Primer Ki Hadjar Dewantara : Bagian Pertama Pendidikan serta sumber skunder. Teknik analisis data adalah content analysis atau analisis isi. Metode penulisan dalam penelitian ini adalah deduktif, induktif, deskriptif. Hasil dari penelitian ini meliputi : Pertama, Konsep Pendidikan Budi Pekerti Ki Hadjar Dewantara yang terdapat dalam sekolah taman siswa, Ki Hadjar Dewantara memulai konsepnya dengan menyusun pengertian, tujuan, metode, materi, landasan dan lingkungan pendidikan. Kedua, Kontribusi pemikiran Ki Hadjar Dewantara terhadap kurikulum sangat jelas, beliau mengatakan bahwa setiap mata pelajaran hendaknya dimasukkan nilai-nilai agama di dalamnya baik itu pelajaran umum maupun pelajaran agama. Bisa juga kita lihat pada proses pendidikan yang ada sekolah – sekolah lain. Konsep Pendidikan Budi Pekerti Ki Hadjar Dewantara semangkin berkembang di Indonesia hal ini dibuktikan dengan munculnya sekolah-sekolah islam terpadu yang memakai kurikulum mengarah kepada Konsep Pendidikan Budi Pekerti, yang sering disebut dengan Kurikulum 2013. Ketiga, Pada hakikatnya Konsep Pendidikan Budi Pekerti Ki Hadjar Dewantara tidak bertentangan dengan Islam dan ini senada dengan perkataan Ki Hadjar Dewantara, bahwa sifat-sifat yang harus dimiliki seorang pendidik adalah Sabar, Tawakkal, Adil , Tawadhu’ Berwibawa, Tidak Takabur dan Sombong, dan masih banyak lagi sifat-sifat lainnya. Sehingga dengan tumbuhnya sifat tersebut pada diri seorang pendidik maka akan menjadi modal penentu keberhasilan pendidikan di tanah air indonesia

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 20 Sep 2019 07:29
Last Modified: 20 Sep 2019 07:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20486

Actions (login required)

View Item View Item