Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MUATAN KALAM INSYA’I DALAM AL-QURAN SURAT MARYAM (Kajian Ilmu Balaghah)

MUHAMMAD IQBAL THANTHOWI (2017) MUATAN KALAM INSYA’I DALAM AL-QURAN SURAT MARYAM (Kajian Ilmu Balaghah). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 1.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BABA III (1).pdf

Download (850kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img]
Preview
Text
10 BAB V.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR KEPUSTAKAAN (1).pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “MUATAN KALAM INSYA’I DALAM AL-QURAN SURAT MARYAM (Kajian Ilmu Balaghah)”.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya para ulama yang berkarya dalam kajian balaghah, hal ini berkesinambungan terutama setelah turunnya al-Qur’an yang merupakan salah satu inspirator dalam melahirkan keindahan dan kelembutan dalam berbahasa tersebut. Dalam kajian Islam, al-Qur’an dipandang sebagai salah satu sumber keindahan atau balaghah bagi para penyair dan penulis prosa. Balaghah memiliki tiga bidang kajian ilmu, salah satu di antaranya adalah ma’ani, yaitu ilmu yang mempelajari bagaimana kita mengungkapkan ide atau perasaan ke dalam sebuah kalimat yang sesuai dengan tuntutan keadaan. Di antara kajian ilmu ma’ani tersebut, terdapat pembahasan kalam insya’i yang merupakan bentuk kalimat yang setelah kalimat tersebut dituturkan, kita tidak bisa menilai benar atau salah. Dengan memahami kalam ini beserta jenis-jenis serta tujuannya, seseorang yang membaca al-Qur’an akan mampu menentukan dan memahami makna suatu kalimat, misalnya kalimat tanya, panggilan, harapan, perintah, larangan, dan sebagainya. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang,apa saja ayat-ayat yang memuat kalam insya’i di dalam al-Qur’an surat Maryam serta bagaimana bentuk muatan kalam insya’i yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an di dalam surat Maryam tersebut? Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat menjadi suatu solusi dan jawaban bagi siapa saja yang membutuhkan informasi atau bertanya tentang muatan kalam insya’i yang terdapat dalam al-Quran surat Maryam.Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research) atau penelitian literatur murni. Data-data yang terkait dengan studi ini dikumpulkan melalui studi pustaka. Penelitian ini disajikan dengan teknik analisis, yaitu dengan menjelaskan hal-hal yang berhubungan dengan kalam insya’iberdasarkanal-Qur’an surat Maryam, dengan merujuk pada al-Qur’an sebagai data primer dan buku-buku serta literatur lain yang berkaitan dengan isu-isu yang dibicarakan sebagai data sekunder. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa terdapat beberapa ayat al- Qur’an yang memuat kalam insya’i dalam surat Maryam, yaitu 23 lafazh dalam bentuk amar, 3 lafazh dalam bentuk nahi, 12 lafazh dalam bentuk istifham, 13 lafazh dalam bentuk nida, dan 1 lafazh dalam bentuk tamanni.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: Mr. Supliadi
Date Deposited: 20 Sep 2019 03:05
Last Modified: 20 Sep 2019 03:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20462

Actions (login required)

View Item View Item