PELAKSANAAN STRATEGI PEMASARAN GADAI EMAS PADA PEGADAIAN SYARIAH AHMAD YANI PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH

DIAN PUTRI HAMDAYANI, (2017) PELAKSANAAN STRATEGI PEMASARAN GADAI EMAS PADA PEGADAIAN SYARIAH AHMAD YANI PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Dian Putri Hamdayani(2017) :“Pelaksanaan Strategi Pemasaran Gadai Emas Pada Pegadaian Syariah Ahmad Yani Pekanbaru Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah” Pegadaian Syariah Ahmad Yani adalah salah satu pegadaian syariah yang mana berlandaskan prinsip syariah dan terhindar dari transaksi riba. Yang mana dalam pesatnya persaingan pada saat sekarang ini Pegadaian Syariah Ahmad Yani tetap mengalami peningkatan dalam jumlah nasabah. Pegadaian Syariah Ahmad Yani memiliki bermacam-macam produk yang dapat ditawarkan kepada masyarakat salah satunya adalah gadai emas. Pegadaian Syariah Ahmad Yani untuk menarik hati masyarakat maka tidak terlepas dari yang namanya strategi pemasaran, karena strategi pemasaran sangat penting dan akan mempengaruhi perkembangan jumlah nasabah dari tahun ketahunnya. Dalam pemasaran ini tentu saja pegadaian syariah Ahmad Yani memiliki faktor pendukung dan faktor penghambat. Oleh sebab itu, pegadaian syariah Ahmad Yani sangat berhati-hati dalam memasarkan produknya.Sehingga, ini lah yang menjadi latar belakang penulis dalam melakukan penelitian ini, yaitu strategi pemasaran apa yang dilaksanakan Pegadaian Syariah Ahmad Yani dalam meningkatkan jumlah nasabahnya. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan strategi pemasaran gadai emas dalam meningkatkan jumlah nasabahnya, apa faktor pendukung dan penghambat dalam memasarkan gadai emas, serta bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap pemasaran gadai emas pada Pegadaian Syariah Ahmad Yani. Penelitian ini bersifat lapangan yang berlokasi pada Pegadaian Syariah cabang Ahmad Yani Jl.Ahmad Yani Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah 5 orang yang terdiri dari 1 orang pimpinan 1 orang penaksir agunan 1 orang kasir i orang penyimpan agunan dan 1 orang adminitrasi. Karena populasi sedikit, maka sampelnya diambil semua populasi. Metode pengambilan sampel yaitu menggunakan total sampling. Hasil penelitian ini adalah bahwa Pegadaian Syariah Ahmad Yani telah melakukan strategi pemasaran yang menggunakan Marketing Mix yang terdiri dari Produk (Product), harga (Price), tempat (Place) dan Promosi( Promotion). Dan juga Pegadaian Syariah Ahmad Yani memiliki keunggulan yaitu dalam transaksi gadai emas yang biaya murah,proses nya mudah dan cepat, dan juga dalam bertransaksi yaitu juga menggunakan transaksi jemput bola (pick up servise) yang juga biaya transaksinya tidak dibebankan kepada nasabah. Dengan menggunakan strategi pemasaran marketing mix dan memiliki keunggulan dalam bertransaksi Pegadaian Syariah sangat mengalami peningkatan, yaitu terlihatnya dari bertambah jumlah nasabah gadai emas dari tahun ketahunnya, jumlah adalah tahun 2013 hingga tahun 2016 adalah 5.580 orang nasabah dengan peningkatan sebesar 42.59%. Adapun faktor pendukungnya dalam pemasaran gadai emas ini adalah pelayanan prima kepada nasabah, lokasi yang mudah dijangkau, tingkat keasadaran masyarakat dan semua karyawan bersedia melakukan funding namun ii tetap memprioritaskan tugas utama. Faktor penghambat nya adalah banyak nya pesaing pegadain syariah yaitu pegadaian konvensional, termasuk juga bank-bank lainnya,selain itu masih adanya budaya malu dari masyarakat kepegadaian dikarenakan pegadaian identik dengan berhutang. Dan menurut tinjauan hukum islam Pegadaian Syariah Ahmad Yani dalam memasarkan produknya tidak ada yang bertentangan dengan hukum islam, yaitu dari segi produk,harga, tempat dan promosi dimana tidak ada yang saling menzalimi, pemaksaan, penipuan, saling menjatuhkan, gharar dan unsur riba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 19 Sep 2019 09:03
Last Modified: 19 Sep 2019 09:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20447

Actions (login required)

View Item View Item