Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQIH MUAMALAH TERHADAP BAGI HASIL PEMELIHARAAN HEWAN TERNAK SAPI DI DESA GUDANG BATU KECAMATAN LIRIK KABUPATEN INDRAGIRI HULU

YOGI ILHAM (2017) TINJAUAN FIQIH MUAMALAH TERHADAP BAGI HASIL PEMELIHARAAN HEWAN TERNAK SAPI DI DESA GUDANG BATU KECAMATAN LIRIK KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (570kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Yogi Ilham (2017) : Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Bagi Hasil Pemeliharaan Hewan Ternak Sapi di Desa Gudang Batu Kecamatan Lirik Kabupaten Indragiri Hulu Skripsi ini berjudul “Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Bagi Hasil Pemeliharaan Hewan Ternak Sapi di Desa Gudang Batu Kecamatan Lirik Kabupaten Indragiri Hulu”. Adapun latar belakang dari judul tersebut ialah sebagian masyarakat yang kurang mampu di desa Gudang Batu Biasanya mereka mengelola sapi yang merupakan hasil dari kerja sama dengan pemilik modal di desa tersebut. Namum dalam sistem bagi hasil pemeliharaan hewan ternak sapi yang di laksanakan di desa Gudang Batu ini banyak merugikan pengelola, dimana pengelola tidak mendapatkan uang dari penjualan induk sapi yang merupakan modal awal dari kerja sama tersebut. Penelitian ini merupakan field research (penelitian lapangan) yang berlokasi di Desa Gudang Batu Kecamatan Lirik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem bagi hasil pemeliharaan hewan ternak sapi, serta untuk mengetahui perspektif fiqih muamalah terhadap sistem bagi hasil pemeliharaan hewan ternak sapi tersebut. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 14 orang dan semuanya di jadikan sampel ( total sampling ) Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara. Data primer yang diperoleh langsung dari pengelola sapi, dan data sekunder yang diperoleh melalui literatur-literatur yang didapat dari internet dan buku-buku pustaka serta dokumen-dokumen yang di dapat dari desa. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat menganalisa bahwa akad perjanjian bagi hasil pemeliharaan hewan ternak sapi di desa Gudang Batu menggunakan akad Lisan dan tidak dinyatakan secara tertulis. Dalam hal pembagian keuntungan masyarakat Desa Gudang Batu menggunakan adat kebiasaan yang mana setiap anak sapi yang pertama menjadi milik pengelola dan anak sapi yang kedua menjadi milik pemodal dan kedua pihak juga saling sepakat, karena saling diuntungkan. Meskipun dilihat dari biaya perawatan yang di tanggung oleh pemodal lebih diuntungkan, akan tetapi pemilik modal menanggung resiko yang cukup besar ketika sapi mati dia akan kehilangan modalnya, sedangkan pengelola hanya rugi biaya perawatan dan tenaga. Dari segi resiko, pemodal lebih besar kerugiannya dari pada pengelola, oleh karena itu meskipun dalam pembagian keuntungan pemodal tidak menanggung biaya perawatan yang banyak sudah dinilai adil dan sah menurut hukum islam. ii Tinjauan fiqh muamalah dalam sistem bagi hasil pemeliharaan hewan ternak sapi sudah terpenuhi rukun dan syaratnya dengan baik meskipun dilakukan dengan lisan, akan tetapi tidak terjadi pengingkaran perjanjian, dan hal itu dilakukan sesuai dengan kebiasaan yang berlaku di desa Gudang Batu, hal tersebut tidak bertentangan dengan maksud syari’ah atau hukum islam. Perjanjian tersebut termasuk dalam akad mudharabah karena syarat dan rukunya masuk dalam kriteria akad mudharabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 19 Sep 2019 08:21
Last Modified: 19 Sep 2019 08:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20430

Actions (login required)

View Item View Item