PENGARUH TINGKAT LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN PADAMAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU

MASRIZAL, (2017) PENGARUH TINGKAT LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN PADAMAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (926kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Masrizal (2017) : Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Pengelolaan Keuangan Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Memiliki literasi keuangan merupakan hal penting untuk mendapatkan kehidupan yang sejahtera dan berkualitas. Literasi keuangan erat kaitannya dengan manajemen keuangan dimana semakin tinggi tingkat literasi keuangan individu maka makin baik pula manajemen keuangan individu tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut bagaimana tingkat literasi keuangan syariah dan pengelolan keuangan mahasiswa ekonomi syariah, apakah ada pengaruh yang signifikan antara tingkat literasi keuangan syariah terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa ekonomi syariah serta bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa ekonomi syaiah. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau. Populasi dalam penelitian berjumlah 1.042 mahasiswa. Teknik penentuan besar sampel berdasarkan rumus slovin yang didapat sebanyak 171 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel ditetapkan dengan cara proportional stratifeid random sampling yang mana stratanya mengikuti tingkat semester yang meliputi semester III, V, VII. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif dan inferensial dengan metode kuantitatif. Sumber data yang diperoleh yakni melalui data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket serta studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan syariah dan pengelolaan keuangan mahasiswa ekonomi syariah berada pada renk sedang. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara vaiabel literasi keuangan syariah terhadap pengelolaan keuangan. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi nilai r hitung sebesar 0,259 lebih besar dari r ii tabel 5% (171-2: 0,1501) dan 1% (171-2: 0,1965) . Dari hasil uji validitas dan relibilitas dikatakan valid dan instrumennya reliabel. Selanjutnya menggunakan uji t maka hipotesis yang didapat terdapat pengaruh signifikan antara variabel literasi keuangan syariah terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa ekonomi syariah yang menunjukkan hasil t hitung yakni 3,485 yang lebih besar dari t tabel untuk tarif signifikan 5% (2-tailed) 1,9741. Sedangkan tinjauan ekonomi syariah terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa pada umumnya telah sesuai dengan prinsip Islam untuk memikirkan kehidupan untuk hari esok dengan cara menabung dan berinvestasi dan melarang untuk melakukan pemborosan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 17 Sep 2019 08:09
Last Modified: 17 Sep 2019 08:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20343

Actions (login required)

View Item View Item