DAMPAK ISTRI YANG DI PENJARA TERHADAP KEWAJIBAN DAN HAK MENURUT HUKUM ISLAM (Studi di Lembaga Permasyarakatan Klas II B Anak Dan Wanita pekanbaru)

ERIK TAUFIK RIADY, (2017) DAMPAK ISTRI YANG DI PENJARA TERHADAP KEWAJIBAN DAN HAK MENURUT HUKUM ISLAM (Studi di Lembaga Permasyarakatan Klas II B Anak Dan Wanita pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Erik Taufik Riady (2017) : Dampak Istri Yang Di Penjara Terhadap Kewajiban dan Hak Menurut Hukum Islam (Studi Di Lembaga Permasyarakatan Kelas II b Anak Dan Wanita Pekanbaru). Skripsi ini berjudul : “DAMPAK ISTERI YANG DI PENJARA TERHADAP KEWAJIBAN DAN HAK MENURUT HUKUM ISLAM (Studi di lembaga Permasyarakatan Kelas II b Anak dan Wanita Pekanbaru)”. Latar belakang pada skripsi ini adalah setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan yang di sengaja atau pun tidak di sengaja yang membuat ia melanggar hukum dan menjalani hukuman di penjara, baik itu laki-laki atau wanita, yang sudah berkeluarga maupun belum berkeluarga mereka akan tetap menjalani hukuman apabila telah melanggar hukum. Bagi yang sudah berkeluarga khususnya wanita tentulah ia masih memiliki kewajiban terhadap anak dan suaminya. Dalam menjalani hukuman semua gerak-geriknya dibatasi, sedangkan dia masih memiliki kewajiban terhadap suami dan anaknya, tidak semua kewajibannya tidak dapat di laksanakan dengan baik hal itu akan berdampak kepada keluarganya. Adapun dampak yang di timbulkan terhadap pengasuhan anak, hubungan suami isteri menjadi kurang baik, seperti jarang diberi nafkah, ekonomi keluarga menurun dan prestasi anak menurun. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : bagaimana dampak istri yang dipenjara terhadap keluarga, serta bagaimana tinjauan hukum Islam. Subjek dalam penelitian ini adalah para suami yang isterinya dipenjara. Populasi pada penelitian ini yaitu para narapidana wanita yang sudah menikah 146 orang, sedangkan sampel 10% dari 146 orang yaitu 15 orang. Metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif, pengumpulan data di lakukan dengan wawancara, observasi dan angket. Hasil analisis menunjukkan bahwa dampak isteri yang dipenjara terhadap keluarga, dan bagaimana tinjauan hukum islam terhadap dampak dari istri dipenjara tersebut terhadap keluarga. Berdasarkan hasil penelitian ini, bahwa dampak istri yang dipenjara terhadap hak dan kewajiban dan kemudian berdampak kepada keluarga yaitu: terjadinya masalah antara suami dan isteri, terjadinya penurunan prestasi anak, hubungan suami istri menjadi kurang, keadaan ekonomi keluarga menurun.Apabila merujuk kefirman Allah swt yang artinya “ diantara tanda-tanda kebesaran Allah ia menjadikan untukmu pasangan hidup supaya kamu menemukan ketenangan padanya dan menjadikan diantaramu rasa cinta dan kasih sayang yang demikian merupakan tanda- i tanda bagi kaum yang berfikir.Dari dampak tersebut tentulah kehidupan keluarga atau tujuan keluarga dalam islam yang sakinah, mawadah warahmah tidak akan tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 17 Sep 2019 08:01
Last Modified: 17 Sep 2019 08:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20341

Actions (login required)

View Item View Item