PENGARUH TINGKAT PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM BANK SYARIAH YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA ( STUDI KASUS PT. BANK PANIN SYARIAH Tbk. )

RAHMAT SYAIFUL, (2017) PENGARUH TINGKAT PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM BANK SYARIAH YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA ( STUDI KASUS PT. BANK PANIN SYARIAH Tbk. ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (772kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Rahmat Syaiful (2017): “Pengaruh Tingkat Profitabilitas Terhadap Harga Saham Bank Syari’ah yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus PT. Bank Panin Syari’ah Tbk.)”. Latar belakang penelitian ini adalah harga saham mencerminkan kinerja dari suatu perusahaan. Jika perusahaan mencapai prestasi yang baik, maka saham perusahaan tersebut akan banyak diminati oleh para investor. Prestasi baik yang dicapai perusahan dapat dilihat di dalam laporan keuangan yang dipublikasikan oleh perusahaan dengan menganalisis tingkat profitabilitas perusahaan, karena tingkat profitabilitas yang baik akan menarik minat investor terhadap saham perusahaan tersebut, yang juga akan menimbulakan kenaikan harga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terjadinya pengaruh antara tingkat profitabilitas terhadap harga saham. Tingkat Profitabilitas atau informasi laba perusahaan yang meliputi Return On Asset (ROA), Net Profit Margin (NPM), dan Earning Per Share (EPS) adalah variabel yang diduga mempengaruhi harga saham. Pada penelitian ini yang menjadi subyek ialah Laporan Keuangan periode bulanan dan histori harga saham PT. Bank Panin Syari’ah Tbk. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh data rasio profitabilitas periode bulanan beserta harga saham PT. Bank Panin Syari’ah Tbk. Kemudian teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampling total atau sensus dengan mengambil seluruh data rasio ROA,NPM dan EPS beserta harga saham periode bulanan sebanyak 33 periode sejak Januari 2014 sampai dengan September 2016. Analisis data di uji dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis dengan Uji F dan Uji t. Setelah dilakukan pengolahan data dengan bantuan program SPSS versi 21, diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa variabel ROA, NPM dan EPS secara simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham karena diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (17,528 > 2,934) atau nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Kemudian pada pengujian secara parsial diperoleh hasil, variabel ROA berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham dengan nilai –t-hitung < -t-tabel (-6,985 < -2,045), variabel NPM tidak berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham dengan nilai t-hitung < t-tabel (0,786 < 2,045), variabel EPS berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham dengan nilai t-hitung > t-tabel (5,778 > 2,045). Kemudian hasil analisis koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,645. Yang artinya 64,5% fluktuasi harga saham PT. Bank Panin Syari’ah Tbk. dapat dijelaskan dengan tiga variabel independen ROA, NPM dan EPS, sedangkan sisanya sebesar 35,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:56
Last Modified: 17 Sep 2019 07:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20340

Actions (login required)

View Item View Item