PERANAN KELOMPOK TANI “IMBO KALUANG” DALAM MENINGKATKAN PRODUKSI MADU LEBAH SIALANG BAGI PETANI LEBAH DI DESA SUNGAI PAGAR

MUHAMMAD REZKI, (2017) PERANAN KELOMPOK TANI “IMBO KALUANG” DALAM MENINGKATKAN PRODUKSI MADU LEBAH SIALANG BAGI PETANI LEBAH DI DESA SUNGAI PAGAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Muhammad Rezki (2017): “Peranan Kelompok Tani “Imbo Kaluang” dalam Meningkatkan Produksi Madu Lebah Sialang bagi Petani Lebah di Desa Sungai Pagar” Kelompok tani imbo kaluang adalah kelompok tani yang memproduksi madu lebah hutan dan merupakan kelompok tani pemeliharaan, sumberdayaan hasil hutan bukan kayu yang berkedudukan di Desa Sungai Pagar Kecamatan Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Adapun yang melatar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya produksi madu lebah sialang pada kelompok tani imbo kaluang di Desa Sungai Pagar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan kelompok tani “imbo kaluang” dalam meningkatkan produksi madu lebah sialang di Desa Sungai Pagar, untuk mengetahui bagaimana tinjauan ekonomi Islam tentang peranan kelompok tani “imbo kaluang” dalam meningkatkan produksi madu lebah sialang di Desa Sungai Pagar. Penelitian ini dilakukan di Kelompok Tani Imbo Kaluang, tepatnya di Desa Sungai Pagar Kecamatan Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota beserta pengurus kelompok tani imbo kaluang yang berjumlah 20 orang dengan pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa peranan kelompok tani imbo kaluang sangatlah penting dalam meningkatkan produksi madu lebah sialang, diantaranya yaitu sebagai pemersatu antara anggota, membina setiap anggota untuk menambah wawasan, membagi tugas anggota sesuai program kerja, dan memperbaiki kualitas produksi yang dijalankan dengan faktor produksi, serta dengan kaidah Islam. Tinjauan menurut ekonomi Islam tentang peranan kelompok tani “imbo kaluang” dalam meningkatkan produksi madu lebah sialang di Desa Sungai Pagar sudah sesuai dengan ekonomi Islam. Dilihat dari peranan yang dilaksanakan oleh kelompok tani “imbo kaluang”, tujuan produksi yang dilakukan dan faktor-faktor produksi, serta kaidah yang dilakukan sesuai dengan syariat Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:10
Last Modified: 17 Sep 2019 07:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20332

Actions (login required)

View Item View Item