KonsepPendidikan Islam dalamKitabAdab alMu’alliminKaryaIbn Said as-SuhnunTahun 202 H

Salman (2018) KonsepPendidikan Islam dalamKitabAdab alMu’alliminKaryaIbn Said as-SuhnunTahun 202 H. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. 2018189TPAI_COVER.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 2018189TPAI_PENGESAHAN.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 2018189TPAI_KATA PENGANTAR.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 2018189TPAI_DAFTAR ISI.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 2018189TPAI_ABSTRAK.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 2018189TPAI_BAB I.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 2018189TPAI_BAB II.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 2018189TPAI_BAB III.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text
9. 2018189TPAI_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img]
Preview
Text
10. 2018189TPAI_BAB V.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 2018189TPAI_DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang Konsep Pendidikan Islam dalam buku Adab al-Mu’allimin. Kitab Adab al-Mu’allimin adalah buku yang sangat penting sebagai sumber rujukan oleh setiap guru, terutama bagi mereka yang akan menjadi calon guru. Ibnu Sahnun berperan penting dalam memprakarsai pendidikan dalam Islam, sehingga ia dikenal dengan tokoh pendidikan muslim. Karyanya dalam mendidik memadukan antara mazhab tarbiyah dan mazhab fiqih. Dengan kata lain paduan tersebut mencakup pendidikan ibadah, pendidikan akhlak, pendidikan akal, pendidikan keterampilan, pendidikan jasmani dan pendidikan sosial.Kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki pendidik sekolah dasar islam semestinya mencakup kompetensi pedagogik religius, kompetensi sosial religius, kompetensi profesional religius, kompetensi moral religius, kompetensi keagamaan, dan kompetensi emosional religius. Model penelitian yang digunakan adalah model kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dimana penelitian deskriptif tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu, tetapi menggambarkan “apa adanya” tentang suatu variabel, gejala atau keadaan. Hasil akhir dari penelitian ini adalah pemikiran yang ada dalam kitab adab al-Muallimin Ibn Suhnun menyatukan antara konsep Fiqih dengan tarbiyah, sehingga menjadikannya sebagai guru yang dikenal dengan konsep fiqih tarbiyah. Kata kunci:Konsep Pendidikan Islam, Kitab Adab al-Mu’allimin

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 17 Sep 2019 04:43
Last Modified: 17 Sep 2019 04:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20319

Actions (login required)

View Item View Item