Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN SPAREPARTS SEPEDA MOTOR BERDASARKAN UU NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DI KEPENGHULUAN BANGKO JAYA KECAMATAN BANGKO PUSAKO KABUPATEN ROKAN HILIR

SURIADI (2017) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN SPAREPARTS SEPEDA MOTOR BERDASARKAN UU NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DI KEPENGHULUAN BANGKO JAYA KECAMATAN BANGKO PUSAKO KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

Suriadi (2017) Perlindungan Hukum terhadap Konsumen Spareparts Sepeda Motor Berdasarkan UU No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen di Kepenghuluan Bangko Jaya Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir Spareparts merupakan suatu komponen berbentuk suatu kesatuan dan mempunyai fungsi tertentu dalam suatu kendaraan sepeda motor, permintaan yang tinggi dari konsumen dalam pembelian spareparts menjadikan pelaku usaha untuk melakukan penjualan barang dan/atau jasa kepada para konsumen. Dengan permintaan yang sangat tinggi dari konsumen yang menyebabkan pelaku usaha melakukan penjualan spareparts palsu yang tidak sesuai dengan peraturan perUndang-Undangan khususnya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Adapun yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana perindungan hukum terhadap konsumen dalam pembelian spareparts sepeda motor di tinjau dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen? serta apa faktor penyebab pelaku usaha masih melaksanakan penjualan spareparts asli namun palsu? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penilitian yuridis sosiologis dimana penelitian yang dilakukan di lapangan dengan melakukan pendekatan penelitian yang mengkaji persepsi dan prilaku hukum dan masyarakat serta efektivitas berlakunya hukum positif dalam masyarakat, dengan melihat ketentuan perlindungan hukum bagi masyarakat. Sedangkan sifat penelitian ini deskriftif dimana memberikan gambaran yang jelas mengenai perlindungan hukum bagi masyarakat yang melakukan pembelian spareparts sepeda motor di Bengkel Kepenghuluan Bangko Jaya Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa konsumen merasa dirugikan atas penjualan spareparts yang dilakukan oleh pelaku usaha yang belum memberikan spareparts yang memenuhi standar yang ditetapkan pemerintah, ini sudah jelas pelaku usaha melanggar pasal 8 huruf (a) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, pelaku usaha dilarang memproduksi barang yang tidak memenuhi standar yang di persyaratkan dan ketentuan peraturan perundang-undangan. Fator pelaku usaha masih melaksanakan penjualan spareparts palsu, karna menghabiskan stok, mencari keuntungan, serta kurangnya tidakan tegas yang dilakukan oleh aparat hukum setempat. Adapun kepada pengelola bengkel agar mematuhi perUndang-Undangan yang berlaku, serta kepada seluruh masyarakat bangko jaya agar lebih berhati-hati dalam pembelian spareparts sepeda motor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 15 Sep 2019 16:33
Last Modified: 15 Sep 2019 16:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20278

Actions (login required)

View Item View Item