Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP PERKAWINAN HAMIL ZINA DALAM MENCAPAI KEUTUHAN RUMAH TANGGA DI TINJAU MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di Desa Pangkalan Nyirih Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis)

UMAR (2017) PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP PERKAWINAN HAMIL ZINA DALAM MENCAPAI KEUTUHAN RUMAH TANGGA DI TINJAU MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di Desa Pangkalan Nyirih Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (606kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Umar (2017) : Pandangan Masyarakat Yang Sudah Menikah Tentang Perkawinan Hamil Zina dalam Mencapai Keutuhan Rumah Tangga Di Tinjau Menurut Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Di Desa Pangkalan Nyirih Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis) Skripsi ini berjul : “Pandangan Masyarakat Yang Sudah Menikah Tentang Perkawninan Hamil Zina Dalam Mencapai Keutuhan Rumah Tangga”. (Studi Kasus Di Desa Pangkalan Nyirih Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis)”. Penelitian ini mengkaji tentang kebiasaan masyarakat, dalam hal ini ialah faktor yang mempengaruhi penyebab banyaknya pasangan yang melakukan perkawinan hamil zina dan mengkaji tentang dampak bagi keutuhan rumah tangga pasangan perkawinan hamil zina ini. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : apa factor penyebab banyaknya pasangan melakukan perkawinan hamil zina di Desa Pangkalan Nyirih kemudian apa dampak dari perkawinan hamil zina terhadap keutuhan rumah tangga pasangan dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pernikahan hamil zina dan dampak keutuhan rumah tangga pasangan di Desa Pangkalan Nyirih. Subjek dalam penelitian ini adalah pasangan yang melakukan perkawinan hamil zina. Populasi pada penelitian ini adalah warga yang sudah menikah yang berjumlah182 orang dan mengambil 50 orang sebagai sampel dengan menggunakan purposive sampling. Penelitian ini bersifat lapangan (Field Research) yang berlokasi di Desa Pangkalan Nyirih Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau, dalam penelitian ini analisa data yang digunakan adalah analisa kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab banyaknya pasangan melakukan perkawinan hamil zina, untuk mengetahui dampak dari perkawinan hamil zina dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap perkawinan hamil zina dan dampak bagi keutuhan rumah tangga pasangan di Desa Pangkalan Nyirih. Berdasarkan hasil penelitian ini, bahwa faktor penyebab banyaknya pasangan melakukan perkawinan hamil zina di Desa Pangkalan Nyirih yaitu faktor lingkungan, faktor lemahnya pengawasan orang tua, faktor teknologi dan faktor lemahnya pendidikan agama. Adapun dampak dari perkawinan hamil zina ini terhadap keutuhan rumah tangga adalah dikucilkan dan tidak diterima dalam lingkungan masyarakat sekitar, tingginya angkaper ceraian, dan berhenti sekolah bagi yang masih belajar. Apabila merujuk kepada analogi hukum Islam dan pendapat para ulama penulis lebih sependapat dengan pendapat imam Malik yang mengharamkan menikahi wanita yang berzina, karena menikahkan wanita yang hamil karena zina sama saja dengan membuka jalan untuk melakukan zina.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 14 Sep 2019 16:13
Last Modified: 14 Sep 2019 16:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20255

Actions (login required)

View Item View Item