Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENABUNG SANTRI PONDOK PESANTREN AR-RAUDLATUL HASANAH DI BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) RAUDHAH MEDAN

WAHID NASARUDDIN (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENABUNG SANTRI PONDOK PESANTREN AR-RAUDLATUL HASANAH DI BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) RAUDHAH MEDAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul: Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Menabung Santri Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah di Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Raudhah Medan. Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk-bentuk lainnya yang mempunyai potensi memajukan perekonomian, akan tetapi bukan hanya bank, BMT juga memiliki potensi tersebut, dan salah satunya potensi BMT yang ada pada pondok pesantren menjadi sebuah keharusan pemberdayaan terhadap masyarakat Indonesia. Dengan demikian BMT di pondok pesantren merupakan suatu wadah untuk memberdayakan seluruh komponen tersebut. Pondok pesantren ar-raudlatul hasanah medan juga memperkuat perekonomiannya dengan mendirikan lembaga keuangan (BMT), menjadikannya sebagai pusat perekonomian di pesantren ar-raudlatul hasanah, memberikan pelayanan kepada santri dan guru. BMT berdiri untuk mempermudah santri dan para guru menabung, akan tetapi santri hanya di perbolehkan untuk menabung saja. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sistem menabung di BMT Raudhah Medan, faktor-faktor yang mempengaruhi minat menabung santri pondok pesantren ar-raudlatul hasanah di BMT Raudhah Medan, dan bagaimana strategi BMT Raudhah Medan untuk meningkatkan minat menabung dikalangan santri pondok pesantren AR-Raudlatul Hasanah Medan Penelitian ini dilakukan di pondok pesantren ar-raudlatul hasanah medan di jl. Setia budi no.25 medan. Dalam penelitian ini, yang menjadi populasi adalah seluruh santri pondok pesantren ar-raudlatul hasanah yang berjumlah 1508 orang. Sampel di ambil secara acak (random sampling), dengan jumlah populasi 150 orang santri pondok pesantren ar-raudlatul hasanah medan. Teknik pengumpulan data melalui angket penelitian, wawancara dan observasi. Untuk menganalisa dan digunakan dengan deskriptif kualitatif yaitu menganalisa data yang ada dengan mengklasifikasikan data-data berdasarkan kategori dari persamaan jenis data tersebut dan kemudian diuraikan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa Sistem menabung di BMT Raudhah Medan tidak ada unsur pemaksaan dan memudahkan karena dalam membuka rekening tabungan awal cukup dengan mabayar setoran awal Rp 10.000, minat menabung santri Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Raudhah Medan dipengaruhi oleh faktor budaya, faktor pribadi,dan faktor psikologi, serta strategi product, price, place dan promotion yang dipakai BMT Raudhah Medan untuk meningkatkan minat menabung dikalangan santri pondok pesantren AR-Raudlatul Hasanah Medan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 13 Sep 2019 17:04
Last Modified: 13 Sep 2019 17:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20245

Actions (login required)

View Item View Item