EFEKTIFITAS PERLINDUNGAN HAK NARAPIDANA WANITA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 12 TAHUN 1995 TENTANG PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II PEKANBARU

SELAMAT RIADI (2017) EFEKTIFITAS PERLINDUNGAN HAK NARAPIDANA WANITA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 12 TAHUN 1995 TENTANG PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam skripsi dengan judul Efektifitas Perlindungan Hak Narapidana Wanita Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Pekanbaru. Dalam penelitian ini ada dua rumusan masalah yaitu Bagaimana Efektifitas Perlindungan Hak Narapidana Wanita di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Pekanbaru oleh Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia? Apakah faktor yang mempengaruhi dari Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam melaksanakan perlindungan Hak Wanita dalam Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Pekanbaru? Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakuakan penelitian terhadap Efektifitas Perlindungan Hak Narapidana Wanita Dalam Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Pekanbaru. Tujuan penelitian ini agar mengetahui jawaban dari rumusan masalah dan untuk menyelesaikan tugas akhir penulis di Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum pada program Studi Ilmu Hukum dan memperoleh gelar Sarjana Hukum (SH). Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian hukum sosiologis dengan pendekatan yuridis empiris dan sifat penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini awalnya dilakukan kelapangan dan dilanjutkan dengan wawancara kepada masyarakat lapas yaitu Narapidana Wanita. Dari penelitian yang telah dilakukan amanah UU Nomor 12 tahun 1995 tentang pemasyarakatan ada 13 hak yang harus diberikan kepada narapidana wanita didalam lapas. Hal tersebut harus ditaati dan dipatuhi oleh lapas yang bersangkutan sehingga apa yang diharapkan oleh peraturan Menteri nomor 28 tahun 2014 tentang Tentang Organisasi Tata Kerja Kantor Wilayah Kementrian Hukum Dan Hak Asasi Manusia terlaksana efektif pada divisi pemasyarakatannya. Hasil dari penelitian ini bahwasanya kasus yang terjadi yang menjadi permasalahan penelitianya itu memberikan hak utama narapidana wanita yaitu sesuai dengan UU No12 Tahun 1995 Pasal 1 Ayat 2 bahwa Narapidana dan ii tahanan wanita ditempatkan di LAPAS Wanita jika sudah demikian maka para narapidana wanita akan otomatis terpenuhi hak-haknya oleh petugas lapas dan akan meninggkatkan keefektifitas perlindungan Hak Narapidana Wanita di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Pekanbaru yang merupakan naungan divisi kemasyarakatan kantor Wilayah kementrian Hukum Dan HAM provinsi Riau sehingga tugas dan fungsinya berdasarkan peraturan menteri nomor 28 tahun 2014 divisi pemasyarakatakan sesuai terhadap masing-masing Lapas. Dari penelitian yang peneliti lakukan dari 13 hak yang seharusnya di berikan oleh petugas lapas yang terkait tersebut ada 5 hak yang belum terpenuhi yaitu hak untuk mendapatkan perawatan jasmani/rohani, pelayanan kesehatan, menyampaikan keluahan, mendapatkan upah dan premi serta menerima kunjunga keluarga, penasehat hukum dan orang lain tertentu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 13 Sep 2019 16:20
Last Modified: 13 Sep 2019 16:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20236

Actions (login required)

View Item View Item