Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DENGAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AZIZIYYAH PEKANBARU

ZIJNI MINAR RIZKI, 10915004995 (2017) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DENGAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AZIZIYYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (579kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang diterapkan pendekatan Realistic Mathematics Education dengan model pembelajaran aktif tipe The Power of Two dengan siswa yang diterapkan strategi pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan True Experimental Design yang diarahkan pada Quasi Eksrerimental Design dan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random, kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP IT Aziziyah Pekanbaru tahun ajaran 2015/2016, terdiri dari 3 kelas, dengan total 63 siswa. Sampel pada penelitian adalah kelas VII 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional dan kelas VII 3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education dengan model pembelajaran aktif tipe The Power of Two. Untuk mengetahui hasil penelitian mengenai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dilakukan analisis menggunakan uji t. Diperoleh thitung = 1,27 dengan ttabel taraf signifikan 5% dan 1% yaitu 2,02 dan 2,70. Karena thitung < ttabel, maka Ha ditolak dan Ho diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang diterapkan pendekatan Realistic Mathematics Education dengan model pembelajaran aktif tipe The Power of Two dengan siswa yang diterapkan strategi pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 12 Sep 2019 07:21
Last Modified: 12 Sep 2019 07:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20045

Actions (login required)

View Item View Item