Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MASLAHAH DALAM PENYELESAIAN NUSYUZ PERSPEKTIF GENDER (Studi Terhadap Tafsir al-Mishbah)

Akbarizan, - and Norcahyono, - and Nurcahaya, - and Sri Murhayati, - (2017) MASLAHAH DALAM PENYELESAIAN NUSYUZ PERSPEKTIF GENDER (Studi Terhadap Tafsir al-Mishbah). In: The International Seminar On Islamic Jurisprudence Contemporary Society. Islac 2017, pp. 194-203.

[img]
Preview
Text
File MASLAHAH DALAM PENYELESAIAN NUSYUZ PERSPEKTIF GENDER.pdf

Download (723kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh istilah nusyuz (ketidak harmonisan antara suami-istri) dan cara penyelesaiannya yang telah dipahami secara bias gender di Indonesia. Dari cara penyelesaian antara nusyuz suami dan nusyuz istri, menurut penulis ada ketimpangan dan bias gender didalamnya, jika suami yang bersikap nusyuz, istri dituntut untuk bersabar dan mengalah demi mempertahankan keutuhan rumah tangga. Sedangkan jika istri yang bersikap nusyuz, suami dengan leluasa mengambil langkah untuk menyadarkan istri, baik dengan bentuk langkah yang berhubungan dengan psikologis seperti tidak benggauli dan memisah dari tempat tidurnya maupun langkah psikis seperti suami memukul istri. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang utuh pada masyarakat tentang nusyuz dan penyelesaiannya, yang berpihak kepada perempuan. Penelitian ini bersifat kepustakaan murni, sebagai sumber data primernya adalah kitab tafsir al-Mishbah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan tafsir-hermeneutis dan teologis-filosofis. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pertama, nusyuz juga berlaku bagi suami, ketika suami bersikap angkuh pada istri, meremehkannya, termasuk juga ketika suami tidak ramah terhadap istri dalam percakapan atau bersebadan (jima’). Kedua, tafsir al-Mishbah masih menggunakan langkah penyelesaian yang bias gender. Bias gendernya terdapat pada diperbolehkannya memukul istri ketika nusyuz. Cara ini hanya dilakukan jika diyakini akan membawa istri yang nusyuz menjadi sadar, juga dalam upaya menjaga keutuhan sebuah rumah tangga. Tetapi jika suami melewati batas dalam memukul istri, al-Mishbah membenarkan pemerintah untuk menindaknya berdasarkan hukum yang berlaku. Kata Kunci: Nusyuz, penyelesaian nusyuz, nusyuz dan gender.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Nusyuz, penyelesaian nusyuz, nusyuz dan gender.
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Mazhab dan Hukum
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 12 Sep 2019 07:11
Last Modified: 12 Sep 2019 07:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20034

Actions (login required)

View Item View Item