PENGEMBANGAN PRODUK KECAP MANIS A1 ASIA BUMI DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (Studi Kasus : CV. Asia Bumi)

Aziz Abdullah, (2011) PENGEMBANGAN PRODUK KECAP MANIS A1 ASIA BUMI DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (Studi Kasus : CV. Asia Bumi). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011187-.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan analisis metode Quality Function Deployment sebagai suatu proses atau mekanisme terstruktur untuk menentukan kebutuhan pelanggan dan menerjemahkan kebutuhan kebutuhan itu ke dalam kebutuhan teknis yang relevan, dimana masing-masing area fungsional dan level organisasi dapat mengerti dan bertindak. Pada pemelitian ini metode QFD dilakukan sampai dengan 3 fase yaitu untuk mencoba mengetahui atribut-atribut produk yang diinginkan konsumen, tingkat kepentingan, tingkat kepuasan konsumen, parameter teknik, kebutuhan proses dan prosedur kualitas. QFD diaplikasikan untuk menterjemahkan apa yang diinginkan oleh konsumen ke dalam prosedur kualitas yang lebih terperinci, jelas, teknis dan operasional untuk menjawab smua kebutuhan dari konsumen. Hasil dari penelitian pada CV. Asia Bumi Pekanbaru dengan menggunakan QFD, didapatkan 18 atribut produk yang diinginkan oleh konsumen dan diterjemahkan ke dalam 15 parameter teknik dalam House of Quality (HOQ) tahap 1, dari hasil HOQ ini didapat 5 buah atribut produk yang akan dikembangkan yaitu atribut Aroma, Ketahan kecap, Higenis, Rasa, dan Warna kecap. Dari kelima atribut tersebut kemudian disusun konsep pengembangan produk yang mana konsep yang diperoleh adalah Menambahkan sereh, daun salam, dan daun jeruk, Menambahkan bahan pengawet makanan, Menerapkan prosedur GMP, Menambahkan kandungan gula merah, Mengurangi kandungan tepung ketan. Matrik HOQ tahap 2 menggambarkan bagaimana 15 parameter teknik tersebut dijabarkan menjadi 10 kebutuhan proses pembuatan kecap manis A1 Asia Bumi hal ini dilakukan untuk mengetahui perioritas utama kebutuhan proses dalam pembuatan kecap manis A1 Asia Bumi. Setelah HOQ Tahap 2 dilakukan maka langkah selanjutnya adalah pembuatan Production Planning Matrix sebagai standar operasional prosedur pembuatan kecap manis A1 Asia Bumi. Kata kunci : HOQ, Kecap Manis, Pelanggan, Produk, QFD

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 670 Manufaktur, Pabrik-pabrik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 29 Dec 2015 04:17
Last Modified: 29 Dec 2015 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/200

Actions (login required)

View Item View Item