Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS MEKANISME PENJUALAN BATANG SAGU DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Desa Semukut Kecamatan Pulau Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti)

SHOLIHIN (2017) ANALISIS MEKANISME PENJUALAN BATANG SAGU DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Desa Semukut Kecamatan Pulau Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (525kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul: “ANALISIS MEKANISME PENJUALAN BATANG SAGU DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Desa Semukut Kecamatan Pulau Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti)’’. Skripsi ini ditulis berdasarkan latar belakang bahwa kemiskinan adalah salah satu masalah yang dihadapi masyarakat pekebun di Desa Semukut.ketidak berdayaan mereka dalam faktor ekonomi diakibatkan oleh penghasilan yang tidak menentu dan cenderung kecil. Namun untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, selain hasil penjualan sagu tersebut, hasil mereka diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat yang mengolah sagu tersebut disebut sebagai pengelola sagu. Perrmasalahan pada penelitian ini adalah: Bagaimana Analisis Mekanisme Penjualan Batang Sagu Di Desa Semukut dalam meningkatkan pendapatan keluarga, faktor penghambat yang dihadapi penjualan Sagu Di Desa Semukut dalam meningkatkan pendapatan keluarga, dan bagaimana perspektif ekonomi islam terhadap mekanisme penjualan batang sagu desa semukut dalam meningkatkan pendapatan keluarga. Penelitian ini bersifat lapangan (field research) yang berlokasi Di Desa Semukut Kecamatan pulau Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana faktor penghambat yang dihadapi masyarsakat Di Desa semukut dalam meningkatkan pendapatan keluarga. Dalam penulisan skripsi ini analisa data yang digunakan adalah analisa kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pekebun yang berprofesi sebagai petani atau penjual sagu yang berada Di Desa Semukut Kecamatan pulau Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau yang berjumlah 16 orang.Karena Populasi yang sedikit maka semua populasi dijadikan sebagai sampel penelitian Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, dapat di simpulkan bahwa mekanisme penjualan batang sagu Desa Semukut sangat baik, faktor penghambat yang ditemui oleh penjualan batang sagu adalah biaya transportasi, sumber daya manusia yang belum profesional.dan minimnya modal pemasaran. Analisis Mekanisme Penjualan Batang Sagu Ditinjau Menurut Perspektif Ekonomi Islam, tidak di temukan yang bertentangan dengan prinsip-prinsip Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 10 Sep 2019 13:54
Last Modified: 10 Sep 2019 13:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19823

Actions (login required)

View Item View Item