PEMBERDAYAAN ANGGOTA KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT (KSM) MELALUI DANA BERGULIR KELURAHAN KAMPUNG BANDAR KECAMATAN SENAPELAN KOTA PEKANBARU

ULFA WIDARITA, (2017) PEMBERDAYAAN ANGGOTA KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT (KSM) MELALUI DANA BERGULIR KELURAHAN KAMPUNG BANDAR KECAMATAN SENAPELAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB IV.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text
10. BAB VI YES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB VI YES.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSAKA.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pemberdayaan anggota Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) melalui Dana Bergulir. Banyak nya masyarakat yang tidak berdaya dan belum mandiri dalam memamfaatkan Dana bergulir tersebut. Penelitian ini difokuskan pada pemberdayaan anggota Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Kelurahan Kampung Bandar Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru, Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah anggota Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) sudah berdaya dan mandiri melalui Dana Bergulir ini di Kelurahan Kampung Bandar. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini berdasarkan teori peningkatan kemmapuan. Perbeikan ekonomi dan pemandirian KSM. Informan dalam penelitian ini terdiri dari, Fasilitator Ekonomi sebagai pelaksana sekaligus pengawas kegiatan, Fasilitaor Sosial, UPK-UPK dan Anggota KSM selaku penerima manfaat dari program Dana Bergulir. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini terlihat bahwa dengan Dana Bergulir, anggota Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) bisa Membangun kesadaran dan mengembangkan usaha dan juga bisa memberi perubahan bagi usaha anggota KSM dengan adanya penambahan modal dan juga bisa membatu perekonomian keluarga dan pasti nya bisa mandiri dan sejahtera, karena output dari Dana Begulir ini supaya bisa masyarakat mandiri dan sejahtera. Kesejahteraan ditandai dengan kemakmuran yaitu meningkat nya konsumsi yang disebabkan oleh meningkat nya pendapatan. Kata Kunci : Pemberdayaan Masyarakat, Program Dana Bergulir dan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms. Eva Susilawati
Date Deposited: 10 Sep 2019 08:57
Last Modified: 10 Sep 2019 08:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19815

Actions (login required)

View Item View Item