Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSAINGAN HARGA PENJUALAN HASIL PENGRAJIN ROTAN DI KECAMATAN RUMBAI KOTA PEKANBARU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 1999 TENTANG LARANGAN PRAKTEK MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT

Wirani H., - (2019) PERSAINGAN HARGA PENJUALAN HASIL PENGRAJIN ROTAN DI KECAMATAN RUMBAI KOTA PEKANBARU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 1999 TENTANG LARANGAN PRAKTEK MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB II.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB III.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img]
Preview
Text
11. BAB V.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Persaingan usaha yang dilakukan secara tidak jujur dapat dilihat dari cara pelaku usaha dalam bersaing dengan pelaku usaha lainnya. Sebagaimana yang dilakukan oleh penjual hasil pengrajin rotan di Kecamatan Rumbai yang lebih rendah dari harga jual penjual yang lain, sehingga bagi penjual yang lainnya merasa dirugikan. Dalam Pasal 17 ayat (1) Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat menyatakan bahwa, “Pelaku usaha dilarang melakukan penguasaan atas produksi dan atau pemasaran barang dan atau jasa yang dapat mengakibatkan terjadinya praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat”. Dari ketentuan tersebut dapat dipahami bahwa, para pedagang atau penjual hasil kerajinan rotan yang ada di Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru boleh bersaing dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada pembeli, tetapi tidak boleh bersaing dalam harga penjualan karena sudah ada kesepaktan yang dibuat oleh para pedagang. Oleh karena itu penulis ingin mengkaji lebih jauh dan melakukan penelitian mengenai hal ini dalam bentuk skripsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum sosiologis atau empiris yang diteliti pada awalnya adalah data sekunder, untuk kemudian dilanjutkan dengan penelitian terhadap data primer di lapangan, atau terhadap masyarakat. Dalam hal ini tentunya pihak-pihak yang berhubungan dengan persaingan harga penjualan pengrajin rotan di Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Sedangkan dilihat dari sifatnya penelitian ini adalah bersifat deskriptif, artinya memberikan gambaran yang jelas mengenai persaingan harga penjualan hasil pengrajin rotan di Kecamtan Rumbai Kota Pekanbaru. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa, bentuk persaingan harga penjualan hasil pengrajin rotan di Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru berdasarkan undang-undang nomor 5 tahun 1999 tentang praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat, antara lain adalah penjual mematok harga sendiri dan tidak mengikuti harga yang sudah disepakati oleh semua penjual, kemudian di antara penjual ada yang menurunkan harga secara diam-diam agar barang yang dijual tersebut cepat laku, dan harga penjualan hasil kerajinan rotan di wilayah Rumbai tersebut tidak sama atau tidak seragam di antara semua penjual tersebut, sehingga terjadi persaingan harga di antara para penjual. Sedangkan, Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya persaingan harga penjualan hasil pengrajin rotan antar para pedagang pengrajin rotan di Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru, antara lain adalah ada di antara penjual yang tidak mengindahkan kesepakatan harga yang telah dibuat bersama di antara penjual. Kemudian yang menjadi fator munculnya persaingan harga adalah bahwa kualitas barang yang dijual tersebut berbeda-beda, dan jenis atau desainya juga berbedabeda, sehingga dapat menjadi faktor terjadinya persaingan harga penjualan hasil pengrajin rotan tersebut di kalangan penjual yang ada di wilayah Kecamatan Rumbai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 10 Sep 2019 08:21
Last Modified: 10 Sep 2019 08:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19805

Actions (login required)

View Item View Item