Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMBUKAAN LAHAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DENGAN CARA MEMBAKAR DI KECAMATAN LANGGAM MENURUT PERATURAN MENTERI PERTANIAN NOMOR : 05/PERMENTAN/KB.410/1/2018 TENTANG PEMBUKAAN DAN ATAU PENGOLAHAN LAHAN PERKEBUNAN TANPA MEMBAKAR

Sutan Muda Hasibuan, - (2019) PEMBUKAAN LAHAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DENGAN CARA MEMBAKAR DI KECAMATAN LANGGAM MENURUT PERATURAN MENTERI PERTANIAN NOMOR : 05/PERMENTAN/KB.410/1/2018 TENTANG PEMBUKAAN DAN ATAU PENGOLAHAN LAHAN PERKEBUNAN TANPA MEMBAKAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR ok.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI ok.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit yang berada di Kecamatan Langgam berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor :05/Permentan/KB.410/1/2018 Tentang Pembukaan dan atau Pengolahan Lahan Perkebunan Tanpa Membakar serta dampak atau akibat terhdap lingkungan sekitar dari pembukaan lahan perkebunan dengan cara membakar. Tujuan dari penelitian ini adalah: pertama, untuk mengetahui pelaksanaan pembukaan lahan dan yang kedua, untuk mengetahui akibat atau dampaknya terhadap lingkungan. Penelitian ini mengambil lokasi di Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan. Alasan pengambilan lokasi imi dikarenakan penulis melihat tidak terlaksananya Peraturan Menteri Pertanian yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yang terdiri dari 2 orang dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pelalawan, 3 orang yang merupakan tokoh-tokoh masyarakat di Kecamatan Langgam dan 5 orang yaitu masyarakat yang berada di Kecamatan Langgam Jenis penelitian yang dilakukan adalah hukum sosiologis ( Yuridis Sosiologis) sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Tokoh-tokoh masyarakat, pelaku usaha perkebunan Kecamatan Langgam dan juga di Kantor Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten pelalawan. Kemudian metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, seperti wawancara. Dari hasil penelitian ini tentang pembukaan lahan perkebunan di Kecamatan Langgam berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian No 05 Tahun 2018 tentang Pembukaan dan atau Pengolahan Lahan Perkebunan Tanpa Membakar masih tidak sesuai antara peratran dengan pelaksaan di lapangan berdasarkan data yang dikeluarkan dari dinas Perkebunan dan Perkebunan yang menunjukan masih terjadinya pembakaran secara liar yang dapat mengganggu habitat alam dan juga menimbulkan udara yang tidak sehat sehingga masayarakat mengalami gangguan pernapasan. Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kebakaran seperti, kurangnya pengetahuan masyarakat tentang peraturan yang ada, penghematan biaya dan juga waktu yang dikeluarkan, tidak adanya sosialisasi dari Pemerintah Daerah, tidak perduli terhadap lingkungan sekitar, dan juga perilaku masyarakat yang menjadi kebiasaan buruk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 10 Sep 2019 08:00
Last Modified: 10 Sep 2019 08:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19780

Actions (login required)

View Item View Item