PENGEMBANGAN OBJEK WISATA TAMAN MARGASATWA KASANG KULIM KABUPATEN KAMPAR BERBASIS SYARIAH

Sri Utami, - (2019) PENGEMBANGAN OBJEK WISATA TAMAN MARGASATWA KASANG KULIM KABUPATEN KAMPAR BERBASIS SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. SCAN PENGESAHAN.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB III.pdf

Download (785kB) | Preview
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB)
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian penulis mengangkat judul ini bahwa kementrian pariwisata menetapkan 9 Provinsi di Indonesia sebagai tujuan wisata syariah. Salah satunya Provinsi Riau. Ini merupakan suatu peluang besar berkembangnya objek wisata syariah. Kebun Binatang Taman Margasatwa Kasang Kulim merupakan objek wisata yang sudah tua dan sudah lama dikenal yang termasuk kedalam Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Namun, fenomena yang didapat bahwa jumlah pengunjung setiap tahunya mengalami penurunan. Sedangkan pengelola sudah berupaya dalam memasarkan dan mengembangkannya. Tujuan penelitian untuk mengatahui Analisis SWOT dalam mengembangkan Objek Wisata Taman Margasatwa Kasang Kulim Kabupaten Kampar, untuk mengetahui penerapan syariah pada Objek Wisata Taman Margasatwa Kasang Kulim Kabupeten Kampar. Metode penelitian ini dengan mengunakan analisis deskriptif kualitatifdan mengunakan beberapa analisis SWOT: Matrik IFAS (Internal Factor Analysis Summary), Matrik EFAS (eksternal Factor Analysis Summary), Matriks SWOT, Diagram SWOT. Hasil penelitian analisis SWOT dalam mengembangkan objek wisata taman margasatwa KasangKulim adalahtabel IFAS total skor 4,02 karena total diatas 2,5 berarti ini mengindentifikasikan posisi internal yang kuat.EFAS total skor 2,94 karena total skor hampir mendekati 4,0 ini berarti mengidentifikasikan bahwa pengembangan objek wisata taman margasatwa Kasang Kulim merespon peluang yang ada dengan cara yang baik.Diagram Cartesiuskuadran II dengan angka 0,36. memilki arti bahwa meskipun menghadapi berbagai ancaman namun masih memiliki kekuatan dari segi internal startegi yang harus diterapkan dan kuadran III dengan angka 1,02 objek wisata Kasang Kulim memiliki peluang pasar yag sangat besar, tetapi di lain pihak ia juaga menghadapi beberapa kendala atau kelemahan inernal. Strategi SO:Menjadikan objek wisata Kasang Kulim sebagai wisata berbasis syariah dan menjadikan objek wisata Kasang Kulim tempat edukasi berbasis syariah.ST:Tetap menjaga eksistensi Kebung Binatang. Dan untuk menarik minat masyarakat mengunjungi wisata Kasang Kulim dari pada wisata yang lain harus dilakukan dengan meningkatkan dan memperbaiki fasilitas berbasis syariah seperti olahraga sunah (berkuda, berenang, dan memanah), Strategi WO:menyediakan tempat penangkaran hewan baru, menambah tenaga ahli, Strategi WT: potongan harga dan bonus tiket masuk, melengkapi koleksi hewan yang hampir punah. Tinjuan ekonomi islam objek wisata kebun binatang Kasang Kulim ini sudah bisa diterapkan atau memiliki potensi wisata nuansa islami, dengan pelayanan yang sudah sesuai syariah yaitu ramah tamah, sopan dalam tingkah laku maupun berpakaian. Dan dalam memelihara hewan yang baik. Juga menyediakan fasilitas berbasis syariah seperti olahraga sunah (berenang, berkuda dan memenah)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 10 Sep 2019 07:19
Last Modified: 10 Sep 2019 07:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19749

Actions (login required)

View Item View Item