Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMUNGUTAN PAJAK AIR TANAH DALAM BENTUK USAHA OLEH BADAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR MENURUT PERATURAN DAERAH NOMOR 21 TAHUN 2010 TENTANG PAJAK AIR TANAH

Riska Amalia, - (2019) PEMUNGUTAN PAJAK AIR TANAH DALAM BENTUK USAHA OLEH BADAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR MENURUT PERATURAN DAERAH NOMOR 21 TAHUN 2010 TENTANG PAJAK AIR TANAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.Lembar Pengesahan.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.DAFTAR ISI.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.BAB 1.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.BAB II OK.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10.BAB III.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text
11.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img]
Preview
Text
12.BAB V.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.daftar pustaka.pdf

Download (463kB) | Preview

Abstract

Pajak air Tanah adalah pajak atas pengambilan dan/atau pemanfaatan air tanah untuk digunakan pribadi atau badan, kecuali untuk keperluan dasar rumah tangga, pengairan pertanian, dan perikanan rakyat serta peribadatan. Dalam pelaksanaan pemungutan pajak air tanah yang kewenangan pemungutannya oleh Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir dan berdasarkan pada Peraturan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir Nomor 21 Tahun 2010 tentang Pajak Air Tanah, mengingat penerimaan pajak air tanah masih belum optimal dan Peraturan Daerah sebagai pelaksanaan pemungutan tidak terimplementasi sepenuhnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan pemungutan pajak air tanah dalam bentuk usaha oleh Badan Pendapatan Daerah kabupaten Indragiri Hilir menurut Peraturan Daerah Nomor 21 Tahun 2010 tentang Pajak Air Tanah, dan apa yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pemungutan pajak air tanah serta upayanya. Penelitian ini ialah penelitian hukum sosiologis, penelitian yang dilakukan dengan mengadakan identifikasi hukum dan bagaimana efektivitas hukum ini berlaku dimasyarakat. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah Kepala bidang pendataan bidang pajak, Kepala bidang pembukuan bidang pajak, para wajib pajak yang terdaftar di kantor Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa yang menjadi kendala utama dalam pemungutan pajak air tanah di Kabupaten Indragiri Hilir yakni masih ada wajib pajak yang lalai dalam membayar pajak air tanah dan rendahnya kesadaran masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir untuk membayar pajak air tanah serta tidak adanya water meter (alat pengukur penggunaan/pemanfaatan air) yang menyulitkan pihak Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir untuk menghitung penggunaan air tanah oleh wajib pajak. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu hendaknya pemerintah segera melakukan sosialisasi khusus tentang pajak air tanah dengan melibatkan ahli hukum untuk menjelaskan sanksi atau denda yang didapat bila melakukan pelanggaran dan memberi anggaran dana untuk penyediaan alat meteran air tersebut serta secepatnya melakukan pendataan ulang obyek dan subyek yang memenuhi kriteria sebagai wajib pajak air tanah karena masih banyak jenis usaha lain yang juga menggunakan air tanah untuk mendukung kegiatan usahanya guna untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Indragiri Hilir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 10 Sep 2019 05:08
Last Modified: 10 Sep 2019 05:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19733

Actions (login required)

View Item View Item