USAHA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA (PTPN) V DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN BAGIAN PENGOLAHAN KELAPA SAWIT CABANG SEI GALUH KABUPATEN KAMPAR DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

UMI NADRA, (2016) USAHA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA (PTPN) V DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN BAGIAN PENGOLAHAN KELAPA SAWIT CABANG SEI GALUH KABUPATEN KAMPAR DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (479kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul: Usaha PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) V Dalam Meningkatkan Produktivitas Karyawan Bagian Pengolahan Kelapa Sawit Cabang Sei Galuh Kabupaten Kampar Dari Perspektif Ekonomi Islam. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah tentang usaha PT. Perkebunan Nusantara V dalam menigkatkan produktivitas karyawan bagian pengolahan kelapa sawit cabang Sei Galuh Kabupaten Kampar, faktor-faktor pengahmbat dalam meningkatkan produktivitas karyawan PT. Perkebunan Nusantara V bagian pengolahan kelapa sawit cabang Sei Galuh Kabupaten Kampar dan tinjauan ekonomi Islam terhadap usaha PT. Perkebunan Nusantara V dalam meningkatkan produktivitas karyawan bagian pengolahan kelapa sawit cabang Sei Galuh Kabupaten Kampar. Penelitian ini bersifat lapangan (fild risearch), maka dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan angket. Data primer yaitu diperoleh langsung dari lapangan berupa tanggapan karyawan (responden) yang diperoleh melalui observasi, angket dan wawancara, sedangkan data sekunder yaitu diperoleh dari buku-buku, kamus-kamus, dokumen-dokumen, dan data yang diperoleh dari internet yang berkaitan dengan masalah penelitian ini. Sedangkan metode analisa data yang digunakan dalam penelitian adalah metode analisa deskriptif kualitatif, yaitu setalah data terkumpul, data-data tersebut diklarifikasikan dalam kategori-kategori atas dasar persamaan jenis, kemudian data tersebut dihubungkan antara yang satu dengan yang lainnya, sehingga akan diperoleh gambaran yang utuh tentang masalah yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa Usaha PT. Perkebunan Nusantara V dalam menigkatkan produktivitas karyawan bagian pengelolaan kelapa sawit cabang Sei Galuh Kabupaten Kampar adalah memberikan upah yang layak, memberikan motivasi, memberikan pelatihan, dan memberikan penghargaan. Faktor-faktor penghambat dalam meningkatkan produktivitas karyawan PT. Perkebunan Nusantara V bagian pengolahan kelapa sawit cabang Sei Galuh Kabupaten Kampar adalah tingkat usia, tingkat pendidikan, lingkungan kerja, dan pengalaman kerja. Tinjauan ekonomi Islam terhadap usaha PT. Perkebunan Nusantara V dalam meningkatkan produktivitas karyawan bagian pengolahan kelapa sawit cabang Sei Galuh Kabupaten Kampar tidak menyalahi aturan ekonomi Islam. Karena Islam adalah agama yang mengajarkan kepada kebaikan. Islam juga agama yang mengutamakan nilai-nilai produktivitas secara sempurna baik produktif dalam arti menghasilkan sebuah peningkatan serta perbaikan diri dan masyarakat. Oleh karena itu produktivitas di sini didefinisikan sebagai semua hal yang mengandung nilai-nilai kebaikan (khairiyyah). Maka sebagai mahkluk Allah SWT dituntut untuk melakukan hal ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 09 Sep 2019 13:40
Last Modified: 09 Sep 2019 14:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19660

Actions (login required)

View Item View Item