Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PEMASARAN TABUNGAN INVESTA CENDEKIA PADA BANK SYARIAH MANDIRI KCP. UJUNG BATU DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH

FITRI HANDAYANI (2017) STRATEGI PEMASARAN TABUNGAN INVESTA CENDEKIA PADA BANK SYARIAH MANDIRI KCP. UJUNG BATU DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (707kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Pemasaran Tabungan Investa Cendekia Pada Bank Syariah Mandiri KCP. Ujung Batu Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah”. Tabungan Investa Cendekia adalah tabungan berjangka dengan jumlah setoran bulanan tetap (installment) yang didesain untuk mempersiapkan dana pendidikan putra/putri dimasa depan dan disertai premi asuransi. Produk tabungan investa cendekia ini menggunakan akad mudharabah muthlaqah yaitu akad kerja sama antara pemilik dana (nasabah) dengan pengelola dana (bank) yang diberi kuasa penuh untuk mengelola dana tanpa ada batasan baik dari jenis usaha, waktu, daerah bisnis dan bekerja sama dengan Asuransi Takaful. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan penulis bahwa setiap tahunnya jumlah nasabah Tabungan Investa Cendekia Bank Syariah Mandiri KCP. Ujung Batu mengalami penurunan. Hal ini sangat disayangkan, mengingat akan pentingnya pendidikan dan biaya pendidikan yang semakin mahal. Semestinya Bank Syariah Mandiri KCP. Ujung Batu dapat memanfaatkan produk ini semaksimal mungkin.Pokok permasalahan didalam penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana strategi pemasaran Tabungan Investa Cendekia pada Bank Syariah Mandiri KCP. Ujung Batu dalam meningkatkan minat nasabah. Akan tetapi dalam perkembangannya terdapat faktor pendukung dan penghambat terutama didalam pemasaran. Sehingga diperlukan strategi yang tepat agar produk Tabungan Investa Cendekia dapat diterima dan menarik minat nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang dilaksanakan pada Bank Syariah Mandiri KCP. Ujung Batu Jalan Jenderal Sudirman Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu. Sampel dalam penelitian ini adalah 1 orang pimpinan, 2 orang karyawan pemasaran (marketing) Bank Syariah Mandiri, dan nasabah Tabungan Investa Cendekia yang berjumlah 349 orang. Karena jumlah populasi nasabah cukup besar penulis mengambil sampel sebanyak 52 0rang atau 15% dari jumlah keseluruhan populasi dengan menggunakan metode random sampling. Sumber data yang penulis gunakan adalah data primer dan data sekunder. Dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, studi dokumen dan angket. Setelah data terkumpul penulis melakukan analisa data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan metode penulisan deduktif, induktif dan deskriptif. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan dilapangan maka penulis menyimpulkan bahwa Bank Syariah Mandiri KCP. Ujung Batu belum berhasil melaksanakan strategi pemasaran dengan menggunakan marketing mix sesuai yang diharapkan yang meliputi pemilihan tempat (place) yang digunakan untuk mendistribusikan produk kepada konsumen, produk (product) merupakan objek dari transaksi pemasaran, harga (price) adalah suatu ukuran yang digunakan untuk memasarkan sebuah produk dan promosi (promotion) adalah cara untuk memperkenalkan sebuah produk kepada konsumen. Strategi pemasaran yang diterapkan tidak bertentangan dengan ekonomi syariah , begitu juga halnya dengan produk tabungan investa cendekia sesuai dengan syariat islam tetapi kurang dapat diterima dengan mudah oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 09 Sep 2019 12:55
Last Modified: 09 Sep 2019 14:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19656

Actions (login required)

View Item View Item