Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH IBADAH SHALAT TERHADAP AKHLAK SISWADALAM MENGIKUTI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 PEKANBARU

USWATUN KHASANAH, 11111200995 (2017) PENGARUH IBADAH SHALAT TERHADAP AKHLAK SISWADALAM MENGIKUTI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Akhlak siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satumya adalah ibadah shalat. Ibadah shalat sebagai pendorong terhadap akhlak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ibadah shalat, akhlak siswa serta pengaruh ibadah shalat terhadap akhlak siswa dalam mengikuti mata pelajaran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakanpada bulan September sampai bulan November2015 bertempat di Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 di Jl. Ronggowarsito I No. 15 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh ibadah shalat siswa terhadap akhlak siswa.populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 375 yang dipegang oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Mengingat populasi berfokus besar maka, dalam penelitian ini penulis menggunakan sample sebesar 10% dan jumlah sample 37 orang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan sample dilakukan dengan teknik Stratified proporsional random sampling. Pengumpulan data untuk variabel independent yakni ibadah shalat terhadap akhlak siswa dengan menggunakan angket skala likert. Untuk menjawab rumusan masalah berkaitan dengan menganilis pengaruh ibadah shalat terhadap akhlak siswa data yang terkumpul di analisis dengan kuantitatif dengan teknik korelasi pearson produc moment. Dalam pengolahan data tersebut peneliti menggunakan bantuan perangkat komputer program SPSS 16. Berdasarkan analisis data maka di simpulkan bahwa ibadah shalat siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Pekanbaru tergolong “Baik” yaitu 66,33 % yang pada rentang presentase 61- 80% sedangkan akhlak siswa dalam mengikuti pelajaran pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Pekanbaru tergolong “Baik” dengan rentang presentase yaitu 62,89% yang berada pada rentang presentase 61- 80%. Melalui uji SPSS (Statistical Program Socienty Science) Korelasi Product Moment, hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefesien korelasi sebesar 0,783 dengan probabilitasnya 0,000. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh serta terdapat pengaruh yang signifikan antara ibadah shalat siswa terhadap akhlak siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 09 Sep 2019 07:59
Last Modified: 09 Sep 2019 07:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19610

Actions (login required)

View Item View Item