Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

ELZA RACHMAN PANCA PRIYANDA, 11317102805 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (469kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Untuk itu, dilaksanakan penelitian eksperimen dengan rancangan pre-test dan post-test untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap kemampuan kognitif siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru pada materi larutan penyangga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu XI IPA 3 (eksperimen) berjumlah 29 siswa dan XI IPA 5 (kontrol) berjumlah 30 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes data awal yaitu tes homogenitas dan tes data akhir yaitu pre-test dan post-test, serta dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran terhadap hasil belajar digunakan rumus Kp. Perbedaan pengaruh dianalisis dengan uji t polled varians. Hasil analisis data awal dan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,4995 dan ttabel = 1,672 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung>ttabel, sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan kognitif siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru pada materi larutan penyangga, dengan pengaruh sebesar 9,88%. Kata kunci : Group Investigation, Kemampuan Kognitif, Larutan penyangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 09 Sep 2019 07:06
Last Modified: 09 Sep 2019 07:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19576

Actions (login required)

View Item View Item