Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSEPSI MASYARAKAT KAMPUNG SALAK KECAMATAN BAGAN SINEMBAH TENTANG MENGHADIRI PESTA PERNIKAHAN WANITA HAMIL DILUAR NIKAH MENURUT HUKUM ISLAM

NUR ZAKIAH (2017) PERSEPSI MASYARAKAT KAMPUNG SALAK KECAMATAN BAGAN SINEMBAH TENTANG MENGHADIRI PESTA PERNIKAHAN WANITA HAMIL DILUAR NIKAH MENURUT HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Persepsi Masyarakat Kampung Salak Kecamatan Bagan Sinembah tentang Mengadiri Pesta Pernikahan Wanita Hamil diluar Nikah Menurut Hukum Islam”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan penulis terhadap fenomena yang terjadi pada masyarakat Kampung Salak Kecamatan Bagan Sinembah yaitu menikahi wanita hamil di luar nikah yang merupakan masalah hingga saat ini diperbincangkan terutama generasi muda sekarang, generasi muda yang semakin kebarat-baratan yang mengikuti arus zaman menjadi perhatian serius, banyak ditemukan pelanggaran-pelanggaran etika bahkan agama dalam pergaulan. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah Bagaimana persepsi masyarakat Kampung Salak Kecamatan Bagan Sinembah tentang menghadiri pesta pernikahan wanita hamil di luar nikah dan bagaimana tinjaun Hukum Islam tentang menghadiri pesta pernikahan wanita hamil di luar nikah tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach). Adapun lokasinya ialah di Kampung Salak Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir. Data ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan angket yang dianalisa menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 50 orang, dan sampel sebanyak 37 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pesta pernikahan wanita hamil di luar nikah ini bagi masyarakat Kampung Salak Kecamatan Bagan Sinembah sudah menjadi suatu kebiasaan dan menganggap acuh tak acuh, hal ini dianggap sudah biasa terjadi. Maka tidak jarang kita menemukan sebuah resepsi pernikahan dengan sepasang pengantin yang masih muda atau belum cukup umur bersanding dipelaminan sebagai akibat pergauan bebas. Dari pernyataan responden cukup banyak mengatakan apabila diundang pada pesta pernikahan walaupun pesta tersebut diadakan dalam konteks wanita hamil di luar nikah mereka turut andil untuk menghadirinya karena tuntutan sebagai tetangga. Menurut hukum Islam Pendapat pertama, mayoritas ulama fiqih, yakni dari kalangan mazhab Malikiyah, Syafi’iyah, Hanabilah menyatakan bahwa memenuhi undangan pernikahan hukumnya wajib. Hal ini dikarenakan adanya hadits-hadits Nabi yang memang secara dzahir menunjukkan wajibnya memenuhi undangan khususnya pernikahan. Pendapat kedua, yakni menurut kalangan ulama Hanafiyah, juga Syafi’iyah dan Hanabilah menurut satu riwayat bahwa memenuhi undangan walimatul ‘Ursy sunnah tidak sampai wajib. Kalangan ini menjelaskan bahwa hadits-hadits secara hakiki bermakna anjuran yang kuat bukan kewajiban. Menghadiri undangan adalah wajib tanpa ada pengecualian. Kecuali pengecualian yang dibenarkan oleh Islam, maka bagi masyarakat yang berada di Kampung Salak Kecamatan Bagan Sinembah tetap menghadiri undangan terhadap pernikahan wanita hamil di luar nikah untuk menjaga silaturrahmi terhadap sesama tetangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 08 Sep 2019 16:15
Last Modified: 08 Sep 2019 16:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19543

Actions (login required)

View Item View Item