YENI HARTATI (2017) PERENCANAAN KOMUNIKASI HUMAS KANTOR WILAYAH DIREKTORAT JENDERAL PAJAK RIAU DANKEPRI DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM EBILLING KEPADA WAJIB PAJAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (648kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (560kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (599kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB IV.pdf Download (589kB) | Preview |
|
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
11. BAB VI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (323kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan komunikasi humas Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Riau dan Kepri dalam mensosialisasikan program e-billing kepada wajib pajak, Perencanaan komunikasi sangat dibutuhkan dalam mensosialisasikan program e-billing agar program tersebut bisa sampai dan diketahui oleh para wajib pajak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini, Humas Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Riau dan Kepri telah melakukan perannya sesuai dengan fungsinya. Perencanaan komunikasi humas Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Riau dan Kepri dalam mensosialisasikan program e-billing kepada wajib pajak sudah sesuai dengan teori model perencanaan komunikasi Cutlip dan Center dengan indikator : penemuan fakta, perencanaan, komunikasi, dan evaluasi. Pada tahap penemuan fakta meliputi: Mengidentifikasikan permasalahan yang terkait tentang kesadaran membayar pajak, serta mengkaji, memantau pengetahuan, opini, sikap dan perilaku wajib pajak. Pada tahap perencanaan yaitu membuat konsep kegiatan, membuat pemetaan wilayah dari masyarakat yang belum paham program ebilling, menentukan sasaran sosialisasi program e-billing. Kemudian merencanakan sosialisasi langsung melalui Bimtek dan Penyuluhan, sosialisasi tidak langsung dengan menggunakan media cetak, elektronik, maupun media luar ruang. Pada tahap komunikasi, melakukan komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung dengan melakukan talkshow, dialog interaktif dan melakukan kerjasama dengan beberapa pihak media cetak maupun elektronik. Pada tahap evaluasi yaitu meminimalisir proses sosialisasi untuk tahun berikutnya, dan melakukan evaluasi setiap triwulan ketiga, setiap tahun dengan cara MONEV (Monitoring Evaluasi), serta mempersiapkan dana sosialisasi agar tidak terkendala. Kata Kunci : Perencanaan Komunikasi, Humas, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Riau dan Kepri, Sosialisasi, Program E-Billing, Wajib Pajak
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ms. Eva Susilawati |
Date Deposited: | 07 Sep 2019 08:36 |
Last Modified: | 07 Sep 2019 08:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19515 |
Actions (login required)
View Item |