PENGARUH KETELADANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU

MHD NOFRI PRATAMA, (2017) PENGARUH KETELADANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_20171030PAI.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_20171030PAI.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20171030PAI.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20171030PAI.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20171030PAI.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20171030PAI.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20171030PAI.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20171030PAI.pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20171030PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20171030PAI.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20171030PAI.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemikiran bahwa keteladanan guru mempengaruhi akhlak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keteladanan guru Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Pekanbaru, sedangkan yang menjadi objeknya adalah pengaruh keteladanan guru Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 444 orang, sedangkan sampelnya di tarik sebesar 15% dengan jumlah 67 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik stratified proportional random sampling. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan angket yang disusun dengan menggunakan skala Likert. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase dan analisis korelasi. Teknik korelasi yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Setelah data disajikan dan dianalisis, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) keteladanan guru Pendidikan Agama Islam tergolong sangat baik dengan persentase sebesar 84,95%. 2) Dari hasil angket diatas dapat disimpulkan bahwa akhlak siswa tergolong baik dengan persentase sebesar 79,85%. 3) Terdapat pengaruh keteladanan guru Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Pekanbaru, dengan koefisien korelasi sebesar 0,591(rh). koefisien korelasi sebesar 0,591 lebih besar dari r tabel (rt) baik pada taraf signifikan 5% = 0,240 maupun 1% = 0,312. Dari hasil analisa ini dapat diambil kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan keteladanan guru Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Pekanbaru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 06 Sep 2019 08:41
Last Modified: 06 Sep 2019 08:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19438

Actions (login required)

View Item View Item