LINA WATI (2017) DESAIN BAHAN AJAR BERUPA HANDOUT BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI HIDROKARBON DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 10 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20171028PK.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20171028PK.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20171028PK.pdf Download (734kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20171028PK.pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20171028PK.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20171028PK.pdf Download (682kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20171028PK.pdf Download (618kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20171028PK.pdf Download (482kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20171028PK.pdf Restricted to Repository staff only Download (757kB) |
||
|
Text
10. BAB V_20171028PK.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20171028PK.pdf Download (467kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa kelas X SMA Negeri 10 Pekanbaru dalam memahami konsep kimia materi hidrokarbon yang menjadikan siswa tidak dapat mencapai hasil belajar yang optimal maka diperlukan bahan ajar yang dapat menuntun siswa untuk memahami konsep yaitu dengan cara mendesain bahan ajar berupa handout berbasis inkuiri terbimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas dari bahan ajar berupa handout berbasis inkuiri terbimbing yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, menggunakan model 4D (four-D) yang dimodifikasi yakni dengan melakukan uji coba terbatas dan menghilangkan tahap penyebaran (disseminate). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 10 Pekanbaru. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari angket. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas dan angket uji praktikalitas. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Handout yang dihasilkan telah teruji dengan tingkat kevalidan 89,94% (sangat valid) dan tingkat kepraktisan 76,50% (praktis). Dari hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa handout yang diujicobakan layak dan praktis untuk dijadikan bahan ajar tambahan guru di sekolah. Kata Kunci: Handout, Inkuiri Terbimbing, Hidrokarbon
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 06 Sep 2019 08:37 |
Last Modified: | 06 Sep 2019 08:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19436 |
Actions (login required)
View Item |