Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KAMPAR

SARI RAHAYU (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_20171018PMT.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_20171018PMT.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20171018PMT.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20171018PMT.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20171018PMT.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20171018PMT.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20171018PMT.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20171018PMT.pdf

Download (635kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20171018PMT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20171018PMT.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20171018PMT.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari kemandirian belajar sekolah menengah pertama di kabupaten kampar. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 dan VII-3 SMP Negeri 1 Tambang dan objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap pemecahan masalah matematika siswa yang ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Teknis analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji t, korelasi (Product Moment), dan anova dua arah (Two Factorial Design). Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengukur kemandirian belajar dan tes uraian untuk mengukur pemecahan masalah matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan pemecahan masalah matematika siswa antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. (2) Tidak terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. (3) terdapat kontribusi antara kemandirian belajar dengan pemecahan masalah matematika siswa. (4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dan kemandirian belajar terhadap pemecahan masalah matematika siswa. Oleh sebab itu, secara umum model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok berpengaruh terhadap pemecahan masalah yang ditinjau dari kemandirian belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Tambang. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok, Pemecahan Masalah Matematika, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 06 Sep 2019 07:33
Last Modified: 06 Sep 2019 07:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19414

Actions (login required)

View Item View Item