ANALISIS KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA BERBASIS PERILAKU PADA PEKERJA KONSTRUKSI (Studi Kasus: PT. WAHANA KARSA SWANDIRI)

Dian Chomiarti, (2011) ANALISIS KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA BERBASIS PERILAKU PADA PEKERJA KONSTRUKSI (Studi Kasus: PT. WAHANA KARSA SWANDIRI). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011144.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT. Wahana Karsa Swandiri adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang konstruksi bangunan. Pelaksanaan pembangunan pada bidang konstruksi memang tidak pernah lepas dari masalah kecelakaan kerja. Berdasarkan data yang diperoleh dari perusahaan, kecelakaan yang terjadi pada perusahaan lebih banyak disebabkan oleh tindakan tidak aman (unsafe behavior) yang dilakukan para pekerjanya. mengenai peran perilaku dalam keselamatan kerja, sekarang berkembang suatu pendekatan yang dikenal dengan Behavior Based Safety. Dalam penelitian ini, terdapat 3 faktor yang mempengaruhi terbentuknya tindakan tidak aman tersebut, yaitu: faktor organisasi, faktor lingkungan dan faktor individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor utama penyebab munculnya tindakan tidak aman pada pekerja dan untuk mengetahui frekuensi tindakan tidak aman tertinggi penyebab terjadinya kecelakaan. Serta bagaimana upaya yang dilakukan perusahaan untuk mencegah terbentuknya perilaku berbahaya agar perusahaan dapat mengurangi angka kecelakaan kerja dan meningkatkan safety performance. Dari hasil perhitungan nilai indeks, faktor individu merupakan faktor utama yang dapat mempengaruhi terbentuknya perilaku berbahaya di PT. Wahana Karsa Swandiri dengan nilai indeks menurut staff sebesar 166.17 dan menurut pekerja sebesar 165.33. Sedangkan tindakan tidak aman penyebab terjadinya kecelakaan menurut staff adalah tidak menggunakan alat pelindung diri dengan nilai indeks 32.40 dan menurut pekerja adalah tidak mengikuti prosedur kerja dengan benar dengan nilai indeks 31.40. Untuk mencegah terbentuknya perilaku berbahaya agar perusahaan dapat mengurangi angka kecelakaan kerja dan meningkatkan safety performance adalah dengan mengimplementasikan pendekatan Behavior Based Safety. Kata kunci : Behavior Based Safety, Kecelakaan Kerja, Konstruksi, Unsafe Behavior

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 670 Manufaktur, Pabrik-pabrik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 29 Dec 2015 04:17
Last Modified: 29 Dec 2015 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/194

Actions (login required)

View Item View Item