SRI RAHMAH DEWI (2017) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KREATIVITAS GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 6 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017979PAI.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017979PAI.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017979PAI.pdf Download (551kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017979PAI.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017979PAI.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017979PAI.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017979PAI.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017979PAI.pdf Download (364kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017979PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017979PAI.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017979PAI.pdf Download (255kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh persepsi siswa tentang kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam penggunaan media pembelajaran sudah cukup baik akan tetapi masih ada siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru yang kurang berminat dalam belajar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam penggunaan media pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam penggunaan media pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru?. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru berjumlah 277 siswa. Sehubungan dengan besarnya jumlah populasi siswa, maka peneliti mengambil penarikan sampel sebanyak 20% yakni sebanyak 55 siswa. Adapun jenis sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple area random sampling. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Berdasarkan analisis data diperoleh koefisien korelasi pengaruh persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam penggunaan media pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru adalah rxy = 0,381. Berkonsultasi dengan tabel nilai “r” Product Moment df = N – nr = 55 – 2 = 53. Karena dalam tabel “r” Product Moment df = 53 tidak ada, maka digunakan df yang mendekati 53 yaitu 50. Dengan df = 50 diperoleh harga r tabel sebagai berikut: Pada taraf signifikan 1% = 0,354, pada taraf signifikan 5% = 0,273 (0,273<0,381>0,354). Dengan demikian maka Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi, ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam penggunaan media pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 06 Sep 2019 05:35 |
Last Modified: | 06 Sep 2019 05:35 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19370 |
Actions (login required)
View Item |