Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP PENERAPAN SYIRKAH ‘INAN USAHA SARANG BURUNG WALET DI USAHA DAGANG TINA KUBU BABUSALAM DESA RANTAU PANJANG KIRI ROKAN HILIR (Studi Kasus Desa Rantau Panjang Kiri)

DELIANA BALQIS (2018) TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP PENERAPAN SYIRKAH ‘INAN USAHA SARANG BURUNG WALET DI USAHA DAGANG TINA KUBU BABUSALAM DESA RANTAU PANJANG KIRI ROKAN HILIR (Studi Kasus Desa Rantau Panjang Kiri). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018697MUA.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018697MUA.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018697MUA.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR_2018697MUA.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018697MUA.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018697MUA.pdf

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018697MUA.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018697MUA.pdf

Download (694kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018697MUA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018697MUA.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018697MUA.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persoalan di usaha dagang Tina Kubu Babusalam Desa Rantau Panjang Kiri Rokan Hilir berdasarkan akad musyarakah yang diimplementasikan dalam bentuk syirkah ‘inan. Dalam satu usaha rukun dan syarat harus terpenuhi dalam usaha sarang burung walet di Usaha Dagang Tina. Indikator yang terdapat dalam syirkah ‘inan itu terdapat didalamnya seperti: kerjasama, jumlah permodalan, transparansi, dan pembagian kerja. Peneliti akan mengkaji secara mendalam terkait dengan bagaimana penerapan syirkah ‘inan yang terjadi di usaha dagang Tina Kubu Babusalam Desa Rantau Panjang Kiri Rokan Hilir dan bagaimana analisis fiqh muamalah terhadap penerapan syirkah ‘inan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan syirkah ‘inan di usaha dagang Tina Kubu Babusalam Desa Rantau Panjang Kiri rokan Hilir dan untuk mengetahui analisis fiqh muamalah terhadap penerapan syirkah ‘inan. Jenis penelitian ini adalah sosiologi yuridis dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilakukan diusaha dagang Tina Kubu Babusalam Desa Rantau Panjang Kiri Rokan Hilir. Subjek penelitian ini adalah 2 orang yang terlibat dalam usaha sarang burung walet di usaha dagang Tina Kubu Babu Salam Desa Rantau Panjang Kiri Rokan Hilir. Data primer adalah sumber yang diperoleh dari pihak-pihak yang melakukan kerjasama usaha sarang burung walet. Data sekunder adalah data yang diperoleh dari buku-buku yang berhubungan dengan penelitian ini. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (pengamatan), interview (wawancara), dan studi kepustakaan.. Dari hasil penelitian diketahui bahwa adanya penerapan syirkah ‘inan dalam usaha sarang burung walet di Desa Rantau Panjang Kiri Rokan Hilir yang mana dalam kerjasama tersebut mengandung unsur gharar atau tidak adanya transparansi dalam penjualan hasil sarang burung walet antara kedua belah pihak yang berkaitan. Dalam analisis fiqh mualah adalah mengutamakan kehati-hatian serta kepentingan bersama, bukan kepentingan individu (person). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa masyarakat yang melakukan kerjasama tersebut masih belum sesuai dengan syariat islam karena terdapat unsur gharar didalamnya. Yang mana dalam fiqih muamalah harus ada keterbukaan, keadilan, dan transparansi yang saling bekerjasama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 06 Sep 2019 01:32
Last Modified: 06 Sep 2019 01:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19328

Actions (login required)

View Item View Item