PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS LANTAI PRODUKSI PROSES PERAKITAN SOFA (STUDI KASUS: USAHA PERABOT PUTRA INDAH PEKANBARU)

M. Chandra, (2011) PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS LANTAI PRODUKSI PROSES PERAKITAN SOFA (STUDI KASUS: USAHA PERABOT PUTRA INDAH PEKANBARU). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011127.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tata letak fasilitas lantai produksi sangat mempengaruhi proses produksi yang terjadi dalam sebuah pabrik. Perancangan tata letak fasilitas lantai produksi haruslah direncanakan dengan sebaik mungkin agar tercipta tata letak fasilitas yang efisien dan optimal dengan panjang lintasan material handling yang pendek. Usaha Perabot Putra Indah Pekanbaru merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri perabot, khususnya pembuatan perabotan rumah tangga. seperti sofa/ kursi tamu, sofa santai dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang tata letak fasilitas lantai produksi proses perakitan sofa Usaha Usaha Perabot Putra Indah Pekanbaru yang tidak efsien menjadi lebih efisien dan optimal dengan panjang lintasan yang pendek menggunakan metode Activity Relationship Chart (ARC). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tata letak (layout) usulan yang terpilih dalam penelitian ini menunjukkan penurunan panjang lintasan material handling yang cukup signifikan yaitu 212.05 m atau sekitar 22.6% lebih pendek dari layout awal. Selain itu berdasarkan hasil pegolahan data layout usulan yang terpilih juga lebih pendek dari layout alternatif 2 dengan selisih panjang lintasan sepanjang 80.36 m atau sekitar 10 % lebih pendek. Secara tidak langsung penurunan panjang lintasan material handling ini dengan sendirinya akan menurunkan biaya material handling yang selama ini dikeluarkan. Kata Kunci : Efisiensi, Material Handling, Tata Letak Fasilitas

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 670 Manufaktur, Pabrik-pabrik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 29 Dec 2015 04:17
Last Modified: 29 Dec 2015 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/193

Actions (login required)

View Item View Item