Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PRAKTEK JUAL BELI PAKAIAN BEKAS DALAM KARUNG ANTARA PEDAGANG DENGAN AGEN DI PASAR MANDAU DURI MENURUT EKONOMI SYARIAH

YANTI NURIKA (2018) PRAKTEK JUAL BELI PAKAIAN BEKAS DALAM KARUNG ANTARA PEDAGANG DENGAN AGEN DI PASAR MANDAU DURI MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER__2018667EI.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN__2018667EI.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK__2018667EI.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR__2018667EI.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI__2018667EI.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I__2018667EI.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II__2018667EI.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III__2018667EI.pdf

Download (854kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV__2018667EI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V__2018667EI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA__2018667EI.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini beralamat di jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Duri Barat, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis. Permasalahan yang diteliti dilatar belakangi oleh adanya fenomena bahwa dalam memenuhi kebutuhan ekonomis kehidupan, masyarakat melakukan perdagangan jual beli pakaian bekas namun terdapat ketidaktransparan dari segi kualitas dan kuantitas barang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktek jual beli pakaian bekas dalam karung antara pedagang dengan agen di Pasar Mandau Duri dan untuk mengetahui tinjauan ekonomi syariah terhadap praktek jual beli pakaian bekas dalam karung antara pedagang dengan agen di Pasar Mandau Duri. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang mengambil lokasi penelitian di Pasar Mandau Duri, adapun pengumpulan data penulis lakukan dengan metode observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan studi pustaka. Data yang dikumpulkan tersebut bersumber dari data primer yaitu data yang penulis peroleh secara langsung dari proses wawancara dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari buku bacaan yang mempunyai hubungan dengan masalah yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 63 orang pedagang pakaian bekas dan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh pedagang dari populasi yang berjumlah 63 orang pedagang pakaian bekas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Tekhnik Total Sampling dan untuk memperkuat data maka penulis mengambil satu orang pihak pasar sebagai informan (pihak yang diwawancarai). Setelah penulis melakukan penelitian praktek jual beli pakaian bekas dalam karung dilakukan oleh pedagang dengan agen, yang mana pedagang membeli pakaian bekas dalam bentuk karungan. kemudian pedagang menjual dalam bentuk eceran kepada pembeli. Pemesanan pakaian bekas ini hanya dilakukan dengan sistem kode sehingga tidak dapat diketahui kondisi dari pakaian tersebut. Setelah pakaian bekas tiba di kios pedagang tidak sedikit ditemukan pakaian tersebut dalam keadaan kotor, lusuh, bahkan ada yang sobek. Meskipun begitu pedagang pakaian bekas mengalami peningkatan dalam perekonomian mereka setelah berdagang pakaian bekas. Dengan berdagang pakaian bekas mereka dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan juga dapat menyekolahkan anak-anak mereka hingga ke perguruan tinggi. Barang datang dari Tanjung Balai menggunakan mobil yang disewa oleh pedagang. Apabila barang telah sampai di terminal, pakaian bekas tersebut diantarkan oleh kuli angkut ke kios pedagang di Pasar Mandau Duri. Dan dari segi pelaksanaannya pada praktek jual beli pakaian bekas dalam karung antara pedagang dengan agen di Pasar Mandau Duri ini terdapat unsur gharar. Karena tidak diketahuinya kualitas dan kuantitas dari pakaian bekas tersebut. Begitulah fakta yang didapat. Praktek jual beli pakaian bekas dalam karung antara pedagang dengan agen di Pasar Mandau Duri belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 05 Sep 2019 08:34
Last Modified: 05 Sep 2019 08:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19279

Actions (login required)

View Item View Item