VINGKY ZULFA ASRIA, 11315204384 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS BABUSSALAM PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (610kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (590kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (744kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (314kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah pada siswa SMA Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3 SMA Babussalam Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang ditinjau berdasarkan kemampuan awal siswa. Penulis menggunakan tes “t” untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung sebesar 2,664. 2) Adanya kontribusi kemampuan awal terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau berdasarkan kemampuan awal tinggi yaitu sebesar 3.215, berdasarkan kemampuan awal sedang yaitu sebesar 2,540 dan berdasarkan kemampuan awal rendah yaitu sebesar 26,122. Dengan demikian secara umum pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis yang ditinjau berdasarkan kemampuan awal siswa SMA Babussalam Pekanbaru. Kata kunci: Think Pair Share, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Awal Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 08:32 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 08:32 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19276 |
Actions (login required)
View Item |