Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STUDI ANALISIS PENDAPAT IMAM ASY-SYAFI’I TENTANG PERTANGGUNGJAWABAN TINDAK PIDANAPEMBUNUHAN YANG DILAKUKAN OLEH ORANG ISLAM TERHADAP NON MUSLIM MENURUT FIQIH JINAYAH

IKA RAHMA DANI (2018) STUDI ANALISIS PENDAPAT IMAM ASY-SYAFI’I TENTANG PERTANGGUNGJAWABAN TINDAK PIDANAPEMBUNUHAN YANG DILAKUKAN OLEH ORANG ISLAM TERHADAP NON MUSLIM MENURUT FIQIH JINAYAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER__2018659JS.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN__2018659JS.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK__2018659JS.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR__2018659JS.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI__2018659JS.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I__2018659JS.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II__2018659JS.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III__2018659JS.pdf

Download (683kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV__2018659JS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V__2018659JS.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA__2018659JS.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah penelitian kepustakaan (libarary research). Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab rumusan masalah berikut: bagaimana pendapat imam Asy-Syafi’i tentang pertanggungjawaban tindak pidana pembunuhan yang dilakukan oleh orang Islam terhadap non muslim, Apakah dalil yang digunakan Imam Asy-Syafi’i tentang pertanggung jawaban tindak pidana pembunuhan oleh orang Islam terhadap non muslim dan Bagaimana tinjauan fiqh jinayah terhadap pendapat imam Asy-Syafi’itentang pertanggungjawaban tindak pidana pembunuhan yang dilakukan oleh orang Islam terhadap non muslim. Dalam penelitian ini dikumpulkan dan dihimpun dengan memperlajari dokumen-dokumen dan data-data tertulis, membaca, menelaah buku-buku/kitab dan kaidah-kaidah hukum normatif yang berkenaan dengan objek penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu konten analisis, yaitu dengan menganalisa data-data yang telah didapat melalui pendekatan kosa kata dan pola kalimat. Hasil penelitian ini, yang pertama adalah bahwa pertanggunjawaban tindak pidana pembunuhan yang dilakukan oleh orang Islam terhadap non muslim tidak dapat dipidana mati untuk selama-lamanya, akan tetapi ia harus ditahan, namun tidak sampai pada tingkat hukuman mati dan tidak pula ditahan hingga satu tahun serta harus membayar diyat yang diambil dari hartanya apabila membunuh kafir yang yang ada perjanjian damai dengan kaum muslimin. Diyat orang Yahudi dan Nasrani adalah 1/3 muslim, sedangkan diyat orang Majusi adalah 800 dirham. Hukuman qishash tidak dapat diberlakukan atas dasar kesetaraan antara yang dibunuh dengan pelaku pembunuhan yaitu persamaan keyakinan. Dalil yang digunakan oleh imam Asy-Syafi’i yaitu berdasarkan kepada sebuah hadis yang diriwayatkan dari Rasulullah SAW pada hari penaklukan kota Mekkah yaitu “orang mukmin tidak dibunuh karena membunuh orang kafir”. Walaupun korban merupakan orang yang terikat perjanjian damai dengan kaum muslimun dan dilindungi darahnya. Akan tetapi, sebab orang kafir yang terikat oleh perjanjian damai dengan kaum muslimin tetap masuk kategori kafir. Serta tinjauan fiqh jinayah terhadap pendapat imam Asy-Syafi’i ini yaitu, pendapat imam Asy-Syafi’i ini merupakan salah satu bentuk kajian dalam fiqh jinayah dan pendapatnya sudah sesuai dengan fiqh jinayah yaitu apabila korban pembunuhan itu orang kafir yang telah mengikat perjanjian damai dengan kaum muslimin, hukuman bagi pelakunya adalah membayar diyat yang diserahkan kepada keluarga korban.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 05 Sep 2019 08:00
Last Modified: 05 Sep 2019 08:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19251

Actions (login required)

View Item View Item