Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA KEWIBAWAAN GURU DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 PEKANBARU

RIZKI MANDASARI, 11311200623 (2017) HUBUNGAN ANTARA KEWIBAWAAN GURU DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (822kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Kewibawaan merupakan sifat dasar yang harus dimiliki setiap individu terutama guru. Karena kewibawaan seorang guru memiliki hubungan besar terhadap proses belajar mengajar, terutama dalam menumbuhkan kedisiplinan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1)Kewibawaan guru Pendidikan Agama Islam 2)Kedisiplinan belajar siswa 3)Hubungan antara kewibawaan guru dan kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbaru. Subjek penelitian adalah siswa muslim, sedangkan objek penelitian adalah kewibawaan guru dan kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Populasi berjumlah 859 orang siswa oleh karena objek terlalu besar maka di adakan penarikan sampel 10% dengan jumlah 86 orang siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik stratified random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah kewibawaan guru sebagai variabel bebas (X) serta kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai variabel terikat (Y). Untuk mengumpulkan data kewibawaan guru dan kedisiplinan belajar siswa penulis menggunakan angket. Dalam penelitian ini data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase dan teknik korelasi Product Moment. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa 1)Kewibawaan guru Pendidikan Agama Islam adalah sebesar 93,22% atau pada kategori sangat berwibawa. 2)Kedisiplinan belajara siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 91,97% atau pada kategori sangat tinggi. 3)Ada hubungan yang signifikan antara kewibawaan guru dan kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 0,542 disini rhitung 0,213<0,542>0,278 r table pada taraf 5% maupun pada taraf 1%. Dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara kewibawaan guru dan kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbaru diterima. Hal ini berarti semakin berwibawa guru maka semakin tinggi kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbaru, sebaliknya semakin kurang berwibawa guru maka semakin rendah pula kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 05 Sep 2019 01:52
Last Modified: 05 Sep 2019 01:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19221

Actions (login required)

View Item View Item